• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

     

    MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

    gaji perawat ICU perbulan

    Pada postingan yang lalu, kami pernah membahas besaran gaji yang diterima perawat rumah sakit penata anestesi terutama mereka yang bekerja di kamar operasi. Lalu bagian mana lagi selain instasi anestesi yang berpendapatan besar ?. Pendapatan terbesar setelah penata anestesi adalah mereka para perawat yang mengabdikan dirinya di instansi/ruang ICU (intensive care unit)

    Kami mengambil sampel  4 rumah sakit pada instansi yang sama yang berlokasi di Jawa Barat. Masing-masing 2 rumah sakit milik pemerintah dan 2 milik swasta. Mungkin besararan gaji di luar provinsi Jabar   bisa berbeda tergantung kebijakan yang diterapkan oleh  setiap rumah sakit serta patokan UMR setiap kabupaten atau priovinsi, namun ini hanya sebagai gambaran umum saja. 

    Bagi perawat yang bekerja di rumah sakit milik pemerintah , pegawai  yang sudah senior (masa kerja 5 tahun keatas), pendapatan yang diterima bisa mencapai 6-7 juta/bulan. Itu bagi mereka yang belum diangkat sebagai Pegawai Negeri. Untuk mereka yang sudah PNS, pendapatan total perbulan bisa mencapai 9 - 10 juta / bulan.
    Sementara perawat yang bekerja di rumah sakit type B non pemerintah yang berlokasi di pusat provinsi, malah lebih besar dari pada mereka yang bekerja di rumah sakit milik pemerintah kabupaten atau RSUD.
    Perawat yang bekerja di rumah sakit kabupaten/RSUD, pendapatan perbulan antara 5-6 juta/bulan bagi yang belum PNS, dan yang sudah PNS bisa mendapatkan 7-8 juta/bulan.  

    Ada salah satu rumah sakit yang menerapkan sistem penggajian 3 kali dalam sebulan. Pertama gaji pokok yang dibagikan setiap tanggal 1 - 5 , setiap tanggal 15 - 20, serta bonus yang dibagikan setiap menjelang akhir bulan.   Ada juga sistem penggajianya dua kali dalam sebulan. Ini berlaku bagi perawat PNS dan Non PNS. Mungkin saja pendapatan akan lebih besar bagi perawat yang bekerja pada instansi yang sama bagi rumah sakit yang berlokasi di Jakarta, mengingat besaran UMR nya juga berbeda dengan daerah diluar Provinsi DKI.

    Perawat Yang Bekerja di ICU

    Untuk menjadi perawat ICU, seorang perawat harus memiliki tingkat pengetahuan dan keterampilan khusus dan  mampu mengoperasikan alat-alat yang khusus pula. . Pasien-pasien yang dirawat di ruang ICU adalah pasien yang memilki kondisi kritis. Oleh karena itu perawat ICU bertanggung jawab mempertahankan homeostatis pasien yang berjuang melewati kondisi kritis atau terminal mendekati kematian.

    Pada dasarnya alat-alat yang ada di ICU dibagi 2. Yaitu alat pemantau dan pembantu.
    - Alat pemantau/monitor seperti monitor instravaskuler, monitor faal paru, monitor temperatur, monitor ECG,  analiser karbondioksida, analisa gas dan elektrolit dan alat lainya.
    - Alat pembantu misalnya hemodialisa, ventilator dll.

    Begitu kompleksnya  alat alat tersebut, tentu saja setiap staf ICU harus dibekali dengan keterampilan khusus. Jadi kebanyakan mereka yang bekerja di ICU adalah mereka yang sudah berpengalaman minimal 3 tahun dengan pendidikan minimal 3D serta di bekali berbagai  sertifikat seperti BTCLS. Lalu bagaimana dengan perawat yang baru lulus dan ingin bekerja di ICU?.
    Tentu saja tidak semua staf (perawat) yang bekerja di ICU adalah mereka yang berpengalaman sebelumnya. Ada juga perawat pindahan dari instansi lain yang ditarik menjadi karyawan ICU. Namun kebanyakan dari mereka adalah yang sudah mendapatkan pelatihan seperti BTCLS tadi. Sementara  perawat yang belum punya sertifikat dan sudah jadi karyawan akan disekolahkan lagi dengan gratis oleh pihak rumah sakit. Lama pelatihan antara 2 minggu, 1 bulan sampai 3 bulan. Selain mendapatkan pelatihan gratis, perawat juga akan mendapatkan penginapan (hotel) serta uang saku.

    Bagi Perawat Non Pengalaman Yang Ingin Bekerja Di ICU

    Bagi kamu yang baru lulus, sebaiknya sambil nunggu atau mencari lowongan kerja, bekali dulu dengan sertifikat BTCLS. BTCLS merupakan pelatihan tingkat selanjutnya setelah PPGD.  Jadi BTCLS menjadi bekal persiapan sebelum bekerja di rumah sakit . Calon perawat yang memiliki sertifikasi BTCLS akan lebih diprioritaskan ketika ada lowongan. Untuk mendapatkan sertifikat tersebut, memang dibutuhkan dana yang tidak sedikit, tapi demi masa depan profesi serta karir kamu, sebaiknya usahakan sekuat mungkin. Karena kalau tidak bersertfilkat, nasib kamu akan tersingkir oleh yang lain.

    SEMOGA BERMANFAAT !!

    Dibutuhkan tenaga home visit bagi dokter, bidan dan perawat. Info lengkap klik disini 

    1 comment:

    1. Kira kira nih ya bagusan d3 apa s1+ners sekalian aja ya?

      ReplyDelete