• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

     

    MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

    rute jalan menuju makam sunan gunung jati cirebon via toll cipali, jakarta, bandung dan jawa tengah

    Sejak dahulu makam Sunan Gunung Jati terkenal sebagai destinasi wisata relii bagi para penziarah untuk mengenang dan meneladani jasa beliau dalam menyebarkan ajaran Islam di pulau Jawa khususnya di Kabupaten Cirebon. Pengunjung biasanya memadati lokasi makam sunan Gunung Jati pada hari-hari tertentu seperti : Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Jum'at Kliwon, ritual Grebeg Syawal dan Grebeg Rayagung.

    Bagi anda yang berasal dari arah barat seperti Jakarta, Banten, Tangerang, Cianjur, Purwakarta bisa mengunakan jalur toll Cipali. Sementara bagi anda yang berasal dari arah selatan seperti Bandung, Sumedang bisa menggunakan jalur biasa jurusan Bandung Cirebon. Sementara bagi anda yang berasal dari arah Jawa (pantura), keluar pintu toll Plumbon.

    Berikut rute jalan menuju Makam Sunan Gunung Jati dari arah Jakarta, Tanggerang, Banten  mengunakan jalan toll.
    • Rute pertama yang harus dilewati adalah jalur toll Jakarta - Cikampek. Kemudian masuk toll yang menuju Cirebon-Jawa Tengah. Sebagai rincian, setelah anda mengambil toll di Gerbang Cikarang, anda akan membayar karcis di gerbang toll Cikopo. Untuk kendaraan golongan 1 pada saat postingan ini ditulis adalah sebesar Rp. 13.500. Di gerbang toll Cikopo ini, selain membayar toll, anda juga harus mengambil tiket toll juga. Sementara itu  biaya tiket toll bagi anda yang berasal dari seputaran Bandung seperti Muhamad Toha, Buah Batu untuk golongan 1 sekitar Rp. 43 ribuan
    • Perjalaann dilanjut sampai bertemu dengan pintu toll Paliman. Harga tiket toll dari Cikopo sekitar Rp. 96 ribuan untuk golongan satu
    • Setelah melewati pintu toll Paliman, anda keluar di pintu toll Plumbon. Biaya tiket Palimanan Plumbon untuk gol 1 adalah Rp. 2500
      KELUAR DIPINTU  TOLL PLUMBON
    • Setelah membayar tiket, kendaraan anda lurus kemudian belok kiri untuk memasuki jalan Plered. Di jalan Plered ini, rute yang sama berlaku bagi anda yang berasal dari arah Bandung, Sumedang, Garut dan Tasik.
    • Kurang lebih 30-45  menit perjalan, anda akan menemukan pertigaan. Lurus ke Cirebon dan kiri ke Indarmayu. Disini anda ikuti jalur yang menuju Indarmayu. Selanjutnya anda akan berada di Jalan Pilang Raya
      DISINI ANDA BELOK KIRI
    • Selepas ujung jalan Pilang, anda akan menemukan perempatan, disini anda belok kiri (Belok kiri langsung) dan memasuki jalan Slamet Riyadi.
      SELEPAS PILANG RAYA, ANDA BELOK KIRI
    • +- 15 menit, anda akan bertemu lagi perempatan, disini anda belok kiri lagi dan selanjutnya lurus.
      ANDA BELOK KIRI UNTUK MENUJU JALAN PASUNDAN
    • Mulai dari sinilah (Jalan Pasundan), kurang lebih 30 menitan anda akan bertemu dengan pintu masuk yang menuju lokasi Makam Sunan Gunung Jati yang berada di sebelah kiri jalan.
      BANGUNAN MENARA MESJID CIRI KHAS MASUK KOMPLEKS SUNAN GUNUNG JATI
    Ada ciri khas untuk memasuki gerbang masuk makam Sunan Gunung Jati, yaitu adanya tugu atau bangunan bergaya mesjid berwarna merah bata.  

    Untuk arah pulang, anda bisa gunakan jalur yang sebelumnya.
    SEMOGA SELAMAT SAMPAI DI RUMAH KEMBALI  !!!

    1 comment:

    1. Mantap petunjuknya. Lain kali saya mau berkunjung.

      ReplyDelete