• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

     

    MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

    cara menangani bllue screen saat instal ulang windows xp

    Berbagai masalah saat instal ulang windows xp diantaranya terjadinya Layar Biru atau Blue Screen. Ini umumnya karena terjadi kerusakan system di hardware maupun software. Seperti RAM yang sudah mendekati kerusakan maupun instalasi windownya yang korup karena ada salah satu softwarenya hilang atau terkena virus. Atau malah salah dalam setingan  Bios

    Untuk mendiagnosa penyebab  Blue Screen atau Layar Biru saat dilakukan instal ulang, apakah disebabkan oleh  kerusakan hardware atau disebabkan oleh kerusakan software, bisa dilihat dari waktu atau di bagian mana Blue Screen itu terjadi. Blue Screen yang disebabkan memori atau RAM yang sudah rusak, biasanya Blue Screen  terjadi di bagian mana saja secara acak (random). Sementara kerusakan pada software (instalasi windows) biasanya terjadi pada bagain tertentu secara tetap. Misalnya pada saat penginstalan driver-driver. Jadi bisa kamu perhatikan dengan mencoba melakukan instal ulang 2 atau 3 kali. Kalau Blue Screen terjadi hanya terjadi pada bagian tertentu saja, bisa dipastikan cd instalasinya bermasalah.

    Lalu bagaimana kalau CD/Flashdisk instalasi windows dan RAM nya dirasakan sudah bagus namun tetap terjadi Blue Screen?.
    Untuk menangani masalah ini bisa kamu cek di setingan Bios. Terjadi Blue Screen karena salah dalam setingan Bios biasanya terjadi pada bagian ''Setup is starting windows''.  Setelah itu terjadi Blue Screen.
    BLUE SCREEN YANG DISEBABKAN SALAH SETINGAN BIOS

    Bila ini terjadi, kamu harus robah dulu setingan Biosnya. Banyak rekan-rekan blogger yang menulis cara mengatur setingan bios sebelum dilakukan instal ulang. Kamu bisa buka blognya dan baca baik-baik.
    Namun kadangkala, walaupun setingan Bios sudah benar, Blue Screen masih tetap saja terjadi pada bagian tertentu seperti gambar di atas. Salah satu penyebabnya mungkin saja  dikarenakan  tutorial yang disertai gambar setingan bios yang ada di blog tersebut berbeda dengan fitur setingan bios yang ada di komputer kita. Sehingga setingnya masih tetap salah. Dan bagi orang awam seperti saya, ini sering membingungkan.
    Kemudian bagaimana solusinya ?
    Bila itu terjadi, coba matikan dulu komputernya lalu buka jumper yang berada di samping Batere CMOS. Lalu  lakukan instal ulang lagi.
    JUMPER CMOS

    Bila komputer tidak hidup setelah jumpernya di buka, coba masukan ke pin yang disebelahnya.
    Mudah-mudahan bisa membantu.




    No comments:

    Post a Comment