• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

     

    MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

    rute jalan ciwidey balegede naringgul cidaun

    Bagi warga Bandung khususnya yang suka berpetualang dengan sepeda motor atau mobil , jalur Ciwidey , Balegede, Naringgul dan Cidaun, sudah tidak asing lagi. Jalur ini adalah jalur yang sangat menarik dan menantang untuk dilewati. Selain jalanya sekarang makin mulus, juga penuh akan nuansa panorama yang sangat indah. Anda akan melewati pegunungan, kebun teh, pesawahan serta hutan. Bagi warga perkotaan, ketika melewati jalur ini, akan menemukan susana yang berbeda. Seperti pemandangan yang masih asri, perkebunan yang laus, juga bentuk rumah-rumah penduduk khas perkebunan.

    Melalui rute ini juga, kita bisa berkunjung ke wisata pantai Cianjur Selatan. Diantaranya : Pantai Jayanti atau Ranca Buaya.

    Sebaiknya bagi anda yang akan berlibur dengan jalur ini, usahakan siang hari dengan cuaca cerah, karena kalau hujan, umumnya akan berkabut sehingga menghalangi pandangan dan tentu saja sangat berbahaya.

    Nah ! bagi anda yang belum merasakannya, berikut jalur yang harus dilalui ketika anda akan berlibur ke pantai-pantai wisata yang ada di Cianjur Selatan melalui jalur Ciwidey, Balegede, Naringgul dan finis di pantai Cidaun.

    Pertama : Kendaraan anda bawa menuju  Ciwidey- Situ Patenggang. Untuk memulai petualangan, jalan yang harus dilewati, sama jalurnya dengan pintu masuk yang ke arah Situ Patenggang.

    JALUR YANG MENUJU CIDAUN DITANDAI  ANAK PANAH BERWARNA BIRU
    Selanjutnya anda akan menemukan 2 arah jalan yang arah kekiri dan ke kanan. Ambilah arah ke kiri sesuai gambar diatas.

    Ke dua : Mulai dari sini, perjalanan akan berlanjut dengan pemandangan kiri kanan perkebunan. Dan anda akan memasuki area Cibuni. Disini teredapat  perkebunan PT. Melania. Warna  rumah di kompleks perkebunan PT. Melania ini semuanya nya hampir seragam  berwarna biru putih dengan bentuk bangunan khas perkebunan. Daerah ini masih termasuk pada wilayah kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung.

    WILAYAH CIBUNI
    Lebar jalan memang sangat tidak lebar, jadi perlu ekstra hati-hati saat berpapasan. Perjalanan setelah melewati perkebunan Melania. Anda akan menuju Desa Sukaresmi. Desa Sukaresmi merupakan wilayah yang masih berada pada wilayah kecamatan Rancabali kabupaten Bandung.

    SALAH SATU MEDAN JALAN MENJELANG TANJAKAN 1000

    Ketiga : Setelah melewati Desa Sukaresmi, anda siap-siap masuk ke wilayah Desa Balegede Kecamatan Naringgul Kabupaten Cianjur. Menurut para motoris  yang pernah menggunakan jalur ini, petualangan sesungguhnya adalah setelah kita melewati Sukaresmi ini. Dimana kita akan menjajal tanjakan yang terkenal dengan sebutan " Tanjakan Sarebu". (Sarebu = Seribu dalama Bahasa Indonesia). Entah siapa yang pertama kali menjuluki tanjakan seribu ini. Tapi menurut orang-orang setempat, julukan "Tanjakan Seribu" berawal dari sebutan para sopir angkutan yang selalu melewati jalur ini.  Dimana pada tahun 80-an saat kondisi jalan masih penuh bebatuan dan belum di aspal seperti sekarang ini, para sopir sering sering menemui kendala saat menaklukan tanjakan tersebut dengan kendaraanya, seperti mobil sering mogok bahkan rusak seperti as/gardan patah. Dan bila kendaraan mereka mogok, para "sukarelawan" yang merupakan penduduk setempat, sering membantunya untuk mendorong dengan imbalan 1000 perak. Dari situlah maka tanjakan ini disebut dengan "Tanjakan Seribu".  Para sopir tersebut sering menggunakanya sebagai jalur perekonomian saat mengirim hasil bumi untuk dikirim ke pasar Ciwidey. Seperti : Gula merah, beras, pisang serta kayu untuk bahan bangunan. Sekembali dari pasar Ciwidey, biasanya mereka mengangkut barang - barang untuk dijual lagi ditempat asal mereka, seperti bahan sandang, meubel, perabotan rumah tangga sampai alat-alat elektronik. Tanjakan Seribu adalah jalan yang memang menanjak dengan medan lurus dan berbelok. Panjang treknya diperkirakan sepanjang 19 km. Tapi jangan khawatir, jalur ini terbilang aman untuk dilalui. Kiri kananya adalah berupa perkebunan dan hutan.

    Ke empat : Lewat Tanjakan Seribu, kita akan memasuki wilayah Desa Bale Gede. Desa Bale Gede masuk pada wilayah Kecamatan Naringgul Kabupaten Cianjur. Umumnya penduduk Desa Balegede memanfaatkan pasar Ciwidey serta Pasar Cidaun untuk membeli bahan-bahan pokok. Kendaraan umum yang menuju Naringgul dari Ciwidey  adalah kendaraan Elf. Kendaraan Elf tersebut mulai berangkat dari pasar Ciwidey yang baru. Ada sekitar 3-5 kendaraan Elf yang melayani jalur ini.
    KANTOR DESA BALE GEDE KECAMATAN NARINGGUL

    DESA NARINGGUL KABUPATEN CIANJUR
    Dari Balegede, sebelum sampai ke pantai selatan Cidaun, wilayah yang harus dilewati diantaranya Naringgul- Sukabakti. Kita akan melewati sebuah jembatan sepanjang 12 meter dengan sungai jernih dibawahnya.
    JEMBATAN SUKABAKTI
    Di jembatan inilah, para motoris selalu menjadikan tempat ini sebagai pemberhentian sementara untuk menunggu rekanya yang tertinggal dibelakang. Setelah melewati jembatan Sukabakti ini, saatnya untuk menaklukan trek menanjak menuju "puncak" Cidaun. Kita bisa menyaksikan hamparan laut pantai selatan dari puincak gunung yang begitu indah.Setelah sampai batas akhir tanjakan, satnya kendaraan kita turun untuk samapai ke Cidaun.

    INILAH TANJAKAN TERAKHIR YANG HARUS ANDA LEWATI, SELANJUTNYA JALAN MENURUN

    DARI ARAH KIRI ADALAH ARAH PERJALANAN ANDA MENUJU CIDAUN

    TIPS PERJALANAN MENUJU CIDAUN MELALUI CIWIDEY, BALE GEDE, NARINGGUL DAN BERAKHIR DI CIDAUN.

    • Bila menggunakan sepeda motor, cek kondisi ban serta rem. Jarak tukang tambal ban dari yang satu ke lainya sangat berjauhan, sehingga bila kondisi ban bagus, bisa hilang ke hawatiran akan  terjadinya ban bocor
    • Usahakan berkonvoy dan jangan saling mendahului.
    • Sepanjang jalan yang dilalui, tidak ada SPBU, jadi isi tank bensin motor sejak awal. Kalaupun habis, jangan hawatir, hampir di setiap perkampungan yang di lalui, banyak tukang bensin eceran. Harga muilai dari 7500/leter sampai 8000/liter
    • Gunakan perjalanan siang hari terutama bagi anda yang baru pertama kali melalui trek ini.
    Bila anda akan meneruskan perjalanan lagi melalui jalur Cidaun ini, anda bisa menuju Cianjur Kota atau Pameungpeuk Garut. Jadi terserah pilihan anda. Begitupun untuk rute jalan pulang menuju Bandung, anda bisa mencoba rute Pagelaran-Ciwidey. Rute selengkapnya ada DI SINI




    No comments:

    Post a Comment