• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

     

    MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

    cara menangani printer brother cannot deteck ink

    Untuk pemakai di Indonesia, printer brother memang kalah popularitasnya dengan printer epson dan canon. Menurut banyak orang awam , ini  disebabkan karena printer jenis ini terkesan mahal, padahal tidak semua benar. Ada juga printer brother yang lebih murah harganya di banding epson.



    Mengikuti jejak printer epson dan canon, kini printer brotherpun banyak yang pakai infus alias di modifikasi sedemikian rupa sehingga tabung wadah tinta bisa memuat banyak.

    Kita bisa perhatikan gambar di bawah ini antara printer brother asli bawaan pabrik dan printer brother yang telah memakai  infus
    Jenis printer brother yang ada pada gambar adalah jenis printer brother MFC J220.

    masih asli bawaan pabrik dengan tinta ada di dalam cover





     
    telah di modifikasi dengan catrid tinta menjorok keluar



    Cara Menangani Printer Brother Ink Not Deteck

    Setelah sekian lama pemakaian, apapun itu, pasti akan ada errornya bahkan rusak.
    Saya pernah mengalami pada printer brother yang telah di infus, ternyata pada saat di pakai, printer brother ini tidak bisa dipakai. Pada display digital   nya ada tulisan Ink Not Deteck pada warna Cyan.
    Untuk menangani masalah ini gampang saja,dalam keadaan printer masih on, cabut catride / tabung tinta  yang berwarna cyan tersebut dengan menekan tombol dari atas kebawah, lalu lepaskan perlahan-lahan catridnya. Kemudian masukan lagi pada posisi yang benar, dan alhamdulilah errornya hilang.
    Namun bagaimana kalo ternyata setelah dilakukan perbaikan tersebut, error Ink Not Detecknya tetap saja nga berubah ?. Bila anda menemukan kasus ini, coba lakukan ini :

    1. Cabut dulu bagian catrid tinta yang tidak terdetek tersebut, lalu matikan printernya.
    2. Nyalakan lagi printer, lalu masukan catrid tadi pada posisi yang benar.
    3. Bila masih ada peringatan error Ink Not Deteck, lakukan langakah berikutnya nomor 4.

    4. Dalam keadaan printer masih on, buka satu-satu catrid hingga lepas semuanya. Kemudian bersihkan catrid / tabung tinta dengan tisu, jangan lupa bagian dalamnyapun di bersihkan. Untuk menjangkau bagian dalam, kita bisa gunakan korek kuping.
    5. Setelah dirasakan bersih, masukan lagi catrid tadi satu persatu. Urutanya boleh dari mana saja.  Bila bagus, nanti ada pemberitahuan pada display digital dari setiap catrid yang kita pasang lagi.  umumnya kita diharuskan memilih nomor antara nomor satu (instal) dan nomor 2 (not Instal). Kita pilih nomor satu saja dengan menekan angka satuseperti gambar di bawah ini :


    Namun bila masih ada salah satu catride yang masih tidak terdeteksi dan sudah di lakukan upaya berulang-ulang seperti diatas, penyebabnya tidak lain adalah adanya kerusakan sensor. Dan ini harus diganti. Sensor catrid pada printer brother MFC J220 ada disebelah kanan.
    Pergantian sensor saya kemarin harus bayar 150 ribu.
    Yah lumayan juga dari pada warnet ku ngak ada printernya, kasihan anak-anak sekolah.

    Baca Juga Jasa Pasang Warnet


    2 comments: