• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

     

    MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

    syarat agar grup dangdut bisa main di kafe



     
    TAMPILAN GRUP DANGDUT DI SEBUAH KAFE DI BANDUNG
    Bagi kamu yang punya grup dangdut atau salah satu musisi dari grup dangdut yang selama ini belum merasakan main di kafe atau PUB,, mungkin terbesit ingin rasanya main secara regular di tempat hiburan yang tadi disebutkan. Memang main di kafe-kafe menjadi kebanggan tersendiri bagi seorang musisi dangdut atau grup. Dimana kita bisa main secara regular satu minggu full. Tentu saja pendapatan akan meningkat dibanding main karena hanya ada panggilan saja dari desa ke desa. 

    Banyak persyaratan bagi sebuah grup dangdut agar diterima main di tempat hiburan malam. Pengelola kafe umumnya menerapkan aturan ketat bagi pemain/grup. Karena pengelola kafe ingin grup dangdut yang ditampilkan tidak mengecewakan pengunjung. Dikota-kota besar seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, Medan dan Makasar, banyak ditemukan tempat hiburan yang menyajikan musik dangdut.
    Namun, tidak semua pengelola kafe menerapkan aturan ketat bagi sebuah grup. Ini tergantung pada kebijakan boss yang punya. Umumnya ini bergantung juga pada elit tidaknya sebuah kafe.  Secara garis besar, sebuah grup dangdut yang main di PUB/Kafe, tidak terorganisasi dengan baik. Makanya jangan heran, banyak musisi yang keluar masuk. Bagi musisi yang mengundurkan diri, biasanya pengelola akan meyerahkan pemain pengganti kepada musisi yang mengundurkan diri tersebut. Makanya untuk musisi musik dangdut yang main di kafe, ada istilah “kenek” (penyebutanya sama dengan kenek sopir). Yaitu mereka yang siap menggantikan pemain utama. Seorang kenek  ketika pemain utama main, dia berada di belakang panggung. Selain itu, fungsi kenek juga mengganti posisi bila pemain utama kelelahan.
    Untuk pemain dangdut yang berasal dari luar lokasi dimana kafe dangdut berada, pengelola kebanyakan telah menyiapkan tempat khusus bagi musisi untuk istirahat, sementara biaya makan tidak ditanggung. Tapi ada juga musisi yang memilih tempat kost agar lebih leluasa. Jam kerja  pemain dangdut kafe adalah : siang istirahat/tidur, malam bekerja. 

    Sistim pengupahan bagi musisi dangdut
     
    Sistim pengupahan bagi pemain dangdut kafe adalah selesai main dibayar. Jadi dia tidak mendapatkan upah tetap seperti pekerja di industri formal (seminggu sekali atau perbulan). Sehingga pendapatannya tergantung dari ramai tidaknya pengunjung saat itu. Rata-rata seorang musisi dangdut pada hari-hari biasa,   bisa mendapatkan 100-150 ribu/malam. Sementara untuk malam sabtu dan malam minggu, pendapatanya lebih besar lagi.. Kalkulasi pendapatanya didapat dari penjualan tiket, minuman, makanan dan saweran. Tentu saja kalkulasi tersebut sudah dipotong oleh yang punya kafe.  Bila seorang pemain menggunakan kenek, upahnya harus dibagi lagi dengan dia (kenek). Jenis atau judul lagu yang sering dimainkan di kafe umumnya lagu dangdut klasik/asli. Bahkan bagi pemain yang biasa main di rumah hajatan, pasti ada beberapa judul lagu yang terasa asing.  

    Syarat agar grup dangdut kita bisa diterima main di kafe, bisa di baca di bawah ini :
    - Banyak-banyaklah bergaul dengan pemain/musisi yang berpengalaman malang melintang di kafe/PUB, karena pengelola umumnya menyerahkan layak tidaknya sebuah grup main berdasarkan rekomendasi  pegawainya.
    - Luangkan waktu main ke kafe, ini untuk melihat secara langsung atmosfir atau suasana bagaimana main di kafe secara dekat, juga untuk menambah wawasan lagu-lagu apa saja yang sering dimainkan.
    - Jangan punya sifat sok jago dalam bermain musik, karena makin  modern sebuah tempat dangdut, makin banyak juga orang-orang yang lebih hebat dari kita, baik dari skill cara bermain maupun wawasan terutama dalam  penguasaan lagu-lagu. Jadi kuncinya tetap belajar dan perbanyak link dengan pemain yang biasa main di PUB atau kafe

    SEMOGA BERMANFAAT

    No comments:

    Post a Comment