• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

     

    MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

    penyebab kegagalan siswa dalam test perguruan tinggi








    Ketika tahun ini kamu tidak diterima di perguruan tinggi pavorit kamu,,,,,,,apa yang selanjutnya di lakukan?


    1. Memilih universitas lain (swasta)?
    2.  Istirahat dulu sambil mempersiapkan ujian tahun berikutnya?
    3.  Masuk kursus atau less  ?
    4.  Memilih cari pekerjaan?
    5.  Buka usaha?
    6.  Menunggu test ujian  satu tahun lagi ?
    7.  Atau,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    Asal positif ,,,semua hal diatas bisa kamu lakukan.  Memang tidak bisa dipungkiri, saat diputuskan bahwa kita tidak lulus ujian di universitas tujuan, terasa pahit dan kecewa. Bagaimana tidak, tenaga dan fikiran telah dikorbankan termasuk keuangan. Tapi seakan sia-sia. Sebetulnya banyak faktor yang menyebabkan seseorang  tidak diterima di PT. Semakin banyaknya saingan, semakin kecil pula kemungkinan untuk diterima. Berikut beberapa faktor mengapa siswa tidak lulus test di unversitas

    Setelah penelitian menyeluruh, di bawah ini adalah 8  alasan mengapa  siswa gagal ujian. 
    Sumber : us.educationcenter

    1. Kurangnya Motivasi
    Untuk mendapatkan nilai bagus dan lulus ujian,
    siswa  harus punya cita-cita untuk mewujudkan  itu. Seorang siswa  yang hanya ikut-ikutan saja tanpa adanya motivasi, siswa sebenarnya tidak menyadari bahwa universitas atau perguruan tinggi tidak membutuhkan mahasiswa semacam itu.

    2. Hubungan rekan
    Memilih teman yang
    salah saat di sekolah, bisa menyebabkan rendahnya kwalitas siswa. Bergabunglah dengan rekan yang punya daya juang tinggi dalam  belajar.

    3.
    Faktor Guru
    Tidak
    bisa dibantah, guru merupakan faktor terpenting dalam kelulusan siswa. Memang guru harus dihormati, tapi dilain fihak, guru harus punya komitmen tinggi serta harus mampu  memenuhi kebutuhan muridnya.

    4.
    Tidak berani mengajukan pertanyaaan
    Siswa yang gagal adalah
    siswa  yang tidak berani  untuk meminta bantuan ketika mereka membutuhkan. Dengan mengajukan pertanyaan, bisa melatih seorang siswa untuk siap menerima hak mendapatkan ilmu demi masa depanya. 

    5. Budaya Sekolah
    Budaya sekolah bisa mempengaruhi kelulusan siswa di perguruan tinggi. Nama baik sekolah bisa lebih memacu siswa untuk menjadi yang terbaik dari sekolah lain. Sekolah yang sudah di cap sebagai sekolah dengan budaya urakan, sangat mempengaruhi  siswanya untuk berani bersaing di saat saringan masuk unversitas.

    6. Kehadiran
    Kalau siswa sering tidak hadir, tentu tidak akan mendapat pelajaran.

    7. Keterlibatan Orang Tua
    Bukan hanya guru saja, orangtuapun sangat mempengaruhi kelulusan si anak
    . Sering peduli dengan pelajaranya, memotivasi anak untuk belajar, peduli dengan keperluan anak yang berhubungan dengan sekolahnya, bisa menjadikan si anak bersemangat untuk meraih cita-citanya.

    8.
    Terorganisasi
    Menurut penelitian, siswa yang cuek akan dirinya sendiri, adalah salah satu penyebab tidak berhasislnya si siswa itu sendiri. Misalnya : menyimpan sepatu dimana saja, buku yang acak-acakan, tidak adanya agenda kegiatan.Bila itu terjadi pada rekan atau anak anda, itu pertanda  bahwa siswa tidak aktif dalam pendidikannya.

    Untuk itu, bila anda tidak berhasil masuk di perguruan tinggi tahun ini, anda harus melakukan beberapa hal seperti di bawah ini.

    Evaluasi
    Ketika pada pengumuman kelulusan nama kamu ngak ada, sebaiknya kamu meng-evaluasi diri. Ketidak lulusnya kamu diterima di perguruan tinggi, berarti ada sesuatu yang kurang dalam dirimu. Nah,,kekurangan itulah yang kamu harus diperbaiki. 

    Jangan menyalahkan
    Bila kamu sudah berusaha maximal untuk mencapai hasil yang terbaik, tapi kenyataanya tidak yang kamu harapkan, jangan menyalahkan siapa-siapa ! Karena kalau kamu mencari kambing hitam, pasti ada bahkan banyak. Berfikirlah maju ke depan, yakonkan hari esok kamu jadi yang terbaik.

    Brain Update
    Sesuaikan pengetahuan kamu dengan masanya. Bila kamu memutuskan untuk ikut test tahun depan, otak kamu sudah siap.

    SEMOGA BERMANFAAT

    No comments:

    Post a Comment