• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

     

    MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

    Rute Jalur Alternatif Bandung Jakarta via Jonggol

    Jalur Alternatif Bandung Jakarta via Jonggol

    Ketika musim libur tiba, hampir di pastikan jalur puncak pasti macet. Umumnya kalau kemacetan seperti ini terjadi, polres Bogor bekerja sama dengan Polres Cianjur melakukan aturan buka tutup jalan. Artinya, kendaraan yang datang dari arah Cianjur menuju Jakarta di buat satu jalur.
    Sementara yang berasal dari arah Bogor/Jakarta menuju Cianjur, di berhentikan dahulu sampai kendaraan dari arah Cianjur benar-benar sedikit.

    Tidak jarang, akhirnya jalur alternatif Jonggolpun digunakan saat-saat kemacetan parah terjadi.
    Jalur Jongol merupakan jalur yang menghubungkan  antara kabupaten Cianjur dan Bogor dan tidak melewati jalur Puncak. 
    Bila anda dari Bandung berikut jalur Cianjur-Bogor/Jakarta via Jonggol.

    Setelah anda melewati kota kecamatan Ciranjang Cianjur, anda akan melalui jembatan panjang. Kurang lebih 1,5 km, anda akan menemukan pertigaan yang menuju Jonggol. Anda belok kanan. Daerah ini disebut jalan Baru.
       

    arah yang menuju jonggol dari cianjur


    Di jalan Baru ini merupakan tempat istirahat bagi pengguna jalur Bandung-Jakarta via Jonggol. Tersedia berbagai makanan dan minuman dan beroperasi 24 jam. 


    MENUJU JONGOL KENDARAAN BELOK KANAN

    Selanjutnya perjalanan dilanjutkan. 
    Untuk sampai ke jalur jalan menuju Jonggol, anda akan melewati beberapa pertugaan dan perempatan.

    Berikut keteranganya :

    Perempatan pertama yang anda harus lewati adalah perempatan jalan Raya Cibogo Ciranjang. Di sini anda lurus terus. 
     
    PEREMPATAN CIBOGO CIRANJANG
    PEREMPATAN CINANGSI CIBOGO

    Selanjutnya anda menemukan lagi pertigaan Cinangsi-Cibogo. Disini anda belok kanan. Kurang lebih 1 km, ada pertigaan Mekar Galih Cinangsi. Di pertigaan ini anda belok kiri. Dan dari sinilah mulai perjalanan menuju Jonggol. Medan jalan menuju Jonggol menanjak dan menurun dan melewati pegunungan, jadi bagi anda yang melakukan perjalanan pada malam hari mesti hati-hati karena minim sarana lampu penerangan. 

    Kurang lebih 1,5 jam perjalanan, ada pertigaan Cariu. Anda belok kiri. Di daerah ini anda sudah memasuki wilayah Jonggol. Perjalanan lanjut terus sampai mendekati rute yang menuju Cileungsi kota
    Sesudah sampai di Cileungsi anda tinggal menentukan tujuan arah yang akan dituju, seperti ke Jakarta kota, Cibubur, Citeureup atau Bekasi. Tersedia papan petunjuk arah yang bisa anda baca. 

    Berlakunya Jam buka tutup jalur puncak.

    Berlakunya sistim buka tutup akan disesuaikan dengan kondisi volume kendaraan pada saat itu. Namun sebelum melakukan itu, anggota kepolisian akan memberitahukan dahulu kepada pengendara saat kendaraan  lewat. Sampai saat ini, pemberlakuan sistem buka tutup di mulai pukul 08.00 pagi hingga 12.00 siang. Jadi hanya kendaraan yang naik dari Jakarta ke Puncak yang diperbolehkan jalan. Selanjutnya pukul 12.00 hingga 15.00, jalur naik ke puncak ditutup. Jalur hanya dibuka untuk kendaraan yang turun dari puncak ke arah Jakarta. Sedangkan pukul 15.00 hingga 18.00 kembali diberlakukan jalur satu arah untuk kendaraan naik dari Jakarta menuju puncak. 

    Tempat awal mulainya sistem pengaturan buka tutup.

    Awal lokasi pemberlakuan buka tutup ada di dua lokasi. Pertama yang berlokasi di daerah Pasekon Cipanas Cianjur.. Dan kedua di mulai dari daerah Gadog Bogor.  Lalu  bagaimana kalau sebuah kendaraan terlanjur masuk ke wilayah diantara Pasekon dan gadog Bogor sementara  pemberlakuan buka tutup sudah dimulai?. Tentu saja, ketika kendaraan sedang berjalan pada arah yang di tutup, akan diberhentikan dan harus menepi sampai ada pemberitahuan dari polisi selanjutnya.   
    Pemberlakuan sistim buka tutup hanya berlaku untuk kendaraan roda 4, sementara bagi sepeda motor diperbolehkan dengan syarat harus berhati-hati dan tidak boleh menyalip, karena seluruh jalan akan dipakai kendaraan roda 4 dengan satu arah.


    SEMOGA BERMANFAAT  !!!!


    1 comment:

    1. wah kalau lewat sini jalannya bagus gak min atau bisa macet juga harus sedia makanan banyak ya

      ReplyDelete