• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

Rute Jalan Mudik menuju Cianjur, Sukabumi, Bogor dan Jakarta dari Jawa Tengah

Rute Jalan Mudik menuju Cianjur, Sukabumi, Bogor, Jakarta  dari Jawa Tengah

Anda mau mudik dari arah timur Jawa Barat Ke Cianjur, Sukabumi, Bogor, Jakarta dan Tanggerang?.
    Berikut rute jalan yang harus di lalui.
    Bila anda pengguna sepeda motor, ketika tiba di daerah Cileunyi  Bandung,anda harus melalui  bunderan Cibiru selanjutnya menyusuri jalan Soekarno Hatta. Tapi bila menggunakan kendaraan roda empat, anda bisa melalui jalan toll Purbaleunyi dan keluar di pintu toll Padalarang dengan petunjuk arah Cianjur-Sukabumi.

BUNDERAN CIBIRU
    Dari bunderan Cibiru
    Kendaraan anda terus menyusuri jalan Soekarno Hatta. Akan melewati beberapa perempatan lampu merah. Bagi anda yang akan menuju daerah Darwati, Buah Batu, Dayeuhkolot, Majalaya, Ciparay, Banjaran, Pangalengan, Soreang, Kopo, di sepanjang jalan inilah rute menuju ke keKota-kota tersebut. Bisa diperhatikan di setiap petunjuk arah yang ada.
    Setelah melewati puluhan lampu merah, anda akan menemukan bunderan Cibeureum. Di tempat inilah jalan Soekarno berakhir.
    AHIR JALAN SOEKARNO HATTA

Setelah sampai di bunderan Cibeureum,ada lampu merah. Kendaraan anda bawa ke arah kiri dan terus jalan. (belok kiri langsung). Disini anda memasuki kawasan Cimahi. Lanjutkan perjalanan menuju arah barat. Di daerah Leuwigajah,anda akan menemukan Fly Over, kendaraan anda bawa naik keatas. Bila anda akan menuju daerah leuwigajah, termasuk kampus UNJANI, Cipatik bisa jalan ke bawahnya (tidak naik Fly Over).

Memasuki  kawasan kota Cimahi, setelah melewati RS Cibabat, anda ikuti jalan arah kiri dan setelah itu, anda di haruskan belok kiri (ditandai dengan batas yang dibuat dengan tembok bata).  500 meter kemudian, kendaraan bawa belok kanan dan memasuki jalan satu arah yaitu jalan Lurah

KOTA CIMAHI

Di jalan ini keadaan jalan memang sempit, jadi jangan ngebut. Setelah bertemu pertigaan, anda belok kanan  50 meter kemudian belok kiri selanjutnya lurus terus untuk menuju Padalarang.

Selanjutnya, anda lurus terus mengikuti arah jalan utama. Nanti, anda akan bertemu dengan pertigaan lampu merah yang kadang aktif kadang tidak. Dan kawasan tersebut dinamakan  Cimareme. Dari pertigaan inilah, anda belok kiri bila  ingin menuju kota Cililin, Gunung Halu, Gedung Pemda Bandung Barat dan kompleks Kopassus Batujajar.
    Kurang lebih 1,5 km dari kawasan Cimareme ini, anda akan menemukan perempatan lampu merah.
    Lihat gambar dibawah !

KAWASAN KOTA BARU PARAHYANGAN

Setelah sampai di perempatan lampu merah , kendaraan anda bawa belok kiri Selanjutnya anda akan memasuki kawasan Kota Baru Parahyangan. Disinilah Jam Matahari berada. Dan kendaraan anda mengelilinginya. Selanjutnya belok kiri lagi untuk menuju Cianjur
    Dari Padalarang, untuk sampai ke Cianjur bisa ditempuh kira-Kira 1 jam perjalanan. Bila anda akan ke Purwakarta/Jatiluhur, bisa belok kanan sesuai arah gambar .Jangan hawatir, mulai dari sini, kondisi jalan sangat bagus. Namun beberapa titik kemacetan umumnya terjadi di daerah Padalarang ini.

KAWASAN TAGOG

Perjalanan lurus terus. Dari Padalarang menuju Cianjur, jalan berkelok-kelok dengan pemandangan sangat bagus. Disinilah banyak berdiri pabrik pengolahan kapur. Ada juga tempat wisata Goa Pawon. Banyak tebing-tebing yang di jadikan tempat latihan panjat tebing seperti oleh mahasiswa dan pasukan Kopasus.

Bila anda ingin melepas lelah, anda bisa beristirahat selepas jembatan Rajamandala. Tempat inilah yang menjadi pembatas antara wilayah Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung Barat. Terdapat tempat istirahat yang bisa anda gunakan. Sepanjang jalan  banyak berjajar pedagang yang bisa dijadikan pelepas dahaga selama dalam perjalanan.

TEMPAT ISTIRAHAT RAJAMANDALA

Selepas daerah Karangtengah, ada dua jalan yang bisa anda lalui, yaitu yang akan menuju Sukabumi dan yang menuju arah Puncak, Bogor dan Jakarta. Bila anda akan menuju Sukabumi, ada jalan baru yang lebih memperpendek waktu dari pada harus masuk wilayah Cianjur Kota dulu. Bisa diperhatikan gambar di bawah ini.

KAWASAN JALAN PRAMUKA

Bila anda akan ke Sukabumi, kendaraan anda bisa belok kiri dan lurus. Wilayah tersebut dinamakan Tugu Pramuka, karena ada bangunan tugu bergambar lambang pramuka di tengah. Selain ke Sukabumi, bagi anda yang akan menuju wilayah Cianjur Selatan seperti Cibeber, Sindang Barang, Pagelaran, Sukanagara, Cidaun bisa melewati jalur ini. Sementara yang ke arah kanan adalah yang menuju rumah sakit Dr. Hafiz dan Jonggol. Untuk yang menuju Puncak, Bogor dan Jakarta lurus terus.
    Bagi anda yang akan menuju Jakarta, anda akan melewati Kota Cianjur. Rutenya seperti terlihat di gambar.

CIANJUR KOTA
     Gambar no 1 adalah perempatan Muka. Disini tidak ada lampu merah, jadi mesti berhati-hati. Selepas perempatan ini, jalan hanya satu jalur, bawa kendaraan ke arah kanan . Yang ke kiri masuk Pasar Ramayana.
    Kurang lebih 500 meter, anda akan menemukan pertigaan, kendaraan anda bawa belok kanan.

KAWASAN JALAN BYPASS
    Selanjutnya lurus terus. Disini anda menusuri jalan By Pass. Di sini juga terdapat Rumah Sakit Daerah Cianjur. Lebih kurang 1,5, anda akan menukan lagi perempatan. Kendaraan anda bawa belok kanan dan selanjutnya kangsung menuju Puncak.

KAWASAN HYPERMART  CIANJUR

Yang Menuju Sukabumi
    Menyambung artikel tadi yang menuju arah Sukabumi. Selepas tugu Pramuka, kendaraan lurus terus. Kondisi jalannya seperti jalan toll. Jalan yang belum diberi nama ini, baru di bangun kira-kira 3 tahun lalu. Perlu diperhatikan, setelah anda melewati perempatan lampu merah pertama, selanjutnya anda akan menemukan perempatan lampu merah ke dua.
    Untuk menuju daerah Sukabumi, kendaraan anda tidak lurus melewati lampu merah, tapi bawa belok kiri.
    KAWASAN PASIR HAYAM
    Seterusnya lurus dan akan menemukan bunderan. Yang ke Sukabumi belok kanan, sementara yang ke Cianjur selatan belok kiri.
    Dari area ini, untuk sampai ke Sukabumi bisa di tempuh 45 menit -1 jam perjalanan. Sementara yang ke Cianjur selatan Sindang Barang, 5 jam perjalanan.