• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

     

    MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

    cara membuat paspor di kantor imigrasi cianjur

    Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Cianjur bahwa sekarang ini (mulai beroperasi bulan Februari 2019) kantor imigrasi khususnya bagi anda yang akan membuat paspor baru maupun perpanjangan paspor bisa dilakukan di sini. Sebelumnya masyarakat yang membutuhkan data sebagai syarat berpergian keluar Indonesia, harus pergi ke kantor imigrasi Sukabumi dahulu. 

    Kantor imigrasi Cianjur alamatnya ada di jalan Raya Bandung no 61 Ciranjang Karangtengah.  Lokasi gedungnya berdekatan dengan Gedung Korpi, dan Gedung Pertanian. Kalau dari arah Cianjur Kota lokasinya ada di sebelah kanan, kurang lebih 100 meter dari Kantor Agama (Asrama Haji) kabupaten Cianjur.       

    KANTOR IMIGRASI CIANJUR

    Kantor imigrasi kabupaten Cianjur buka mulai jam 8 sampai 4 sore. Hari Sabtu, Minggu dan hari hari tanggal merah  nasional libur. Sementara untuk pendaftaran online, sementara situsnya hanya bisa diakses mulai hari jumat pukul 4 sore sampai hari Minggu. Sehingga bagi anda yang akan membuat paspor, di hari dan jam itulah harus cepat cepat membuka aplikasinya, karena kalau terlambat, bisa jadi tidak akan kebagian.

    Syarat Membuat Paspor di Kantor Imigrasi Cianjur.


    Syarat membuat paspor berlaku untuk kantor imigrasi dimana saja seluruh Indonesia termasuk persyaratan membuat paspor untuk wilayah Cianjur. Perlu digaris bawahi, bahwa sebelum melakukan registrasi online, siapkan dulu persyaratan pembuatan paspor, diantaranya ; KTP asli, Kartu Keluarga asli, dan Akta Nikah atau Akta Lahir atau ijazah SMA atau ijazah SMP yang semuanya asli.   Data peserta seperti Nama pemohon paspor, Alamat, Tempat dan Tanggal Lahir, Nama Ayah dan Ibu pemohon, Nomor NIK ,  harus sama, baik di KTP, KK maupun akta nikah/akta lahir. Sedikit saja berbeda,  oleh imigrasi akan di tolak. Misalnya nama ayah kandung di KTP Ajib tapi di KK Azib, ini juga akan di tolak pembuatan paspornya. Jadi harus betul betul diperhatikan.  Setelah lengkap, foto copi semua data satu lembar satu lembar . Pemohon diwajibkan mempunyai akun email Gmail (yahoo mail tidak berlaku) sebagai syarat untuk registrasi online  paspor. Siapkan pula materai yang 6000 1 atau 2 lembar.

    Usia berapakah seseorang wajib mempunyai paspor ?. Jawabanya : mulai dari bayi lahir, wajib harus berpaspor kalau akan bepergian keluar Indonesia.
    Tapi bagaimana dengan data dirinya seperti KTP ?. Bisa menggunakan Kartu Keluarga ayah/ibunya.


    Perbedaan Syarat  Pembuatan Paspor Bagi Umum dan Peserta Haji/Umroh.

    Pembuatan paspor bagi umum (TKI, mahasiswa/pelajar, kunjungan kerja atau diluar haji dan umroh), berbeda dari segi perlengkapan. Yang membedakan dari semua itu adalah peserta haji/umroh wajib melakukan vaksin dan biometrik sebelum berangkat. Selain itu,  peserta haji atau umroh akan dikenakan apa yang disebut dengan biaya progresif. Biaya progresif berlaku sampai 5 tahun. Artinya, biaya progresif akan dikenakan bagi jamaah haji atau umroh yang melakukan ibadah berkali kali sampai rentang waktu 5 tahun. Misalnya, seorang jamaah umroh/haji pada tahun 2019 dia ikut serta, kemudian pada tahun berikutnya, jamaah tersebut ikut lagi, nah tentu saja akan dikenakan biaya progresif. Biaya progresif sampai pada tulisan ini dibuat sebesar Rp. 7,6 juta dan dibayarkann saat melakukan pendaftaran.
    Selanjutnya perbedaan lain adalah peserta umroh saat akan melakukan pembuatan paspor, wajib menyertakan surat rekomendasi dari Kantor Kementrian Agama Kabupaten dan surat pengantar dari perusahaan travel umroh. 


    Berikut cara permohonan pembuatan paspor di Cianjur :

    1. Peserta yang akan membuat paspor diwajibkan mendaftar dulu melalui online. Bagi pengguna hanphone android bisa mendownload dulu aplikasinya lewat play store. Dikotak pencarian Play Store ketikan saja "layanan paspor online". Nanti akan ada pilihan aplikasi, yang harus peserta download adalah aplikasi yang berwarna merah seperti gambar dibawah ini.
    2. Setelah aplikasi didownlaod kemudian instal. Buka lalu masukan dahulu akun Gmail pemohon dan paswordnya. Lalu isi data data yang diminta. Ingat ! satu akun Gmail, hanya berlaku untuk satu pemohon saja, kecuali pemohon mengajukan untuk keluarga lainya sesuai yang tertera di Kartu Keluarga. Pemohon bisa mengajukan anggota keluarganya sampai 5 orang pemohon. 
    3. Setelah data di isi benar, nanti ada pilihan di  kantor imigrasi mana pemohon mau mendaftar, untuk wilayah Cianjur, pencarian di mulai dengan kata UKK Cianjur. 
    4. Seterusnya hasil dari isian data tersebut harus di cetak. Bagi pemohon yang mendaftar via handphone dan tidak mempunyai printer, cara mencetaknya, pemohon bisa mengunjungi warnet dahulu.
    5. Bawa hasil print pendaftaran online tersebut disertai  persyaratan yang di tulis di atas tadi ke kantor imigrasi. Ingat ! pembuatan paspor tidak bisa diwakilkan kepada orang lain. Pemohon disarankan jangan memakai baju putih karena hasil foto di paspornya akan bias. Usahakan pake baju berwarna.  
    6. Kantor imigrasi Cianjur mulai buka jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Jadi waktu ini harus diperhatikan sesuai jadwal pada saat melakukan registrasi online. Sesi mulai pendaftaran sampai pemotretan ada tiga sesi atau tahap. Pertama : pemohon menyerahkan data di meja front office (pelayanan dan pengaduan). Kedua : pemohon diwajibkan mengisi data data pada kertas isian 2 lembar yang nantinya harus di tanda tangani pemohon dan di bubuhi materai. Ketiga : penyerahan data isi an tadi ke petugas selanjutnya yang sekaligus akan di beri nomor antrian. Terakhir sesi wawancara dan pemotretan.
    Setelah pemotretan selesai, pemohon selanjutnya akan diberi surat pembayaran biaya paspor yang harus di bayar melalui bank atau kantor pos. Jadi pembayaran biaya paspor tidak diserahkan di kantor imigrasi tersebut. Setelah pembayaran selesai dan surat bukti pembayaran di terima pemohon, pemohon tinggal ke kantor imigrasi lagi untuk mengambil  paspor. Selang waktu dari pemotretan sampai paspor selesai di buat, biasanya berselang 4 hari kerja. 

    SEMOGA BERMANFAAT !

    ANDA MAU UMROH DENGAN BIAYA YANG BISA DI CICIL ?.
    HUBUNGI SAJA GAIDO AZZA DARUSSALAM CIANJUR.
    WA : 0815 7398 8201


    No comments:

    Post a Comment