• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

     

    MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

    google chrome dan mozila firefox tidak bisa mengakses internet


    Disini saya akan membagikan pengalaman yang sangat menyebalkan saat browser google chrome dan mozila firefox tidak bisa mengakases internet. Tetapi kalau dibuka dengan Internet Explorer lancar lancar saja. Saya beberapa kali browsing tentang masalah ini tapi tidak menemukan tutorial yang secara langsung menuju penyebabnya. 
    Karena tidak ada jalan keluar, akhirnya komputer saya di inul alias di instal ulang. Di pc terdapat 2 hardisk dan di bagi menjadi 3 drive , hardisk yang ke 1 terdiri hanya satu ruang (drive C untuk menyimpan OS dan instalan aplikasi) sementara hardisk 1 lagi di bagi 2 ruang (drive D dan drive E untk menyimpan semua data).  

    Dalam inul pertama (OS win 7 ), semua file yang ada didalam drive C saya delete dan dibuat partisi lagi. Sementara untuk semua file yang ada di D dan F dibiarkan. Setelah beres inul, google chrome dan mozila firefox jalan normal lagi. Namun setelah beberapa jam, kedua browser tersebut tidak bisa mengkases internet lagi. Namun saat saya coba pake browser IE lancar jaya.

    Kesimpulan dari masalah ini bukan masalah akses internert ke pc yang jadi penyebabnya, tetapi ada sistem yang terganggu. Karena penasaran, saya inul lagi yang kedua kali dengan cara yang sama (hanya drive C sementara drive D dan E tidak di apa apa). Tadinya saya berpikir untuk melakukan delete atau format pada drve D dan E, namun karena file filenya didalamnya begitu penting, saya biarkan saja. 

    Setelah inul kedua itu beres, saya menemukan artikel yang intinya ada sebuah virus yang bisa memblok internet,  namanya Win32/Virut.BN. Malum selama ini saya tidak memasang anti virus di komputer. 

    Setelah instal diver dan segala macamnya, kemudian saya download anti virus besutan Microsoft yaitu MSE ( Microsoft Security Essential). Kemudian saya melakukan scan pada drive D dan E . Dan ternyata betul saja, virus Win32/Virut.BN terdeteksi MSE. Saat melakukan scan begitu lama (kebetulan saja file di drive D dan E begitu banyak). Namun hasilnya sangat memuaskan. Virus tersebut akhirnya bisa dibersihkan walau rasa was was tetap ada, takutnya dia kembali lagi menyerang.

    Jadi bagi teman teman yang mempunyai masalah seperti saya, bisa melakukan hal yang sama. Namun sebelum memutuskan apakah akses internet bermasalah akibat ulah virus?. Perlu diperhatikan, kalau google chrome dan firefox tidak bisa membuka, sementara browser IE bisa, itu bisa dipastikan akibat virus Win32/Virut.BN

    SEMOGA BERMANFAAT
      

    No comments:

    Post a Comment