• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

     

    MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

    aplikasi alat komunikasi bagi pengguna dengan gangguan bicara (tuna wicara)

    Masih ingatkah mendiang Stephen Hawking saat melakukan komunikasi  dengan orang - orang ?. Ya ! setelah dia didiagnosa menderita penyakit yang dinamakan ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis), fisikawan ini mengandalkan sebuah komputer untuk menjawab semua pertanyaan yang diajukan. Alat canggih yang di gunakan Stephen Hawking berupa headset yang bisa merekam gelombang otak melalui bacaan EEG (electrencephalograpis) yaitu aktivitas listrik yang direkam dari kulit kepala pengguna.  
    Ada sebuah aplikasi yang bekerja "mirip" kepunyaan sang profesor tersebut, software  gratis ini memungkinkan pengguna yang menderita gangguan bicara (tuna wicara) bisa melakukan komunikasi meski melalui komputer. Aplikasi yang didasari pembuatanya dari alat canggih milik Stephen Hawking itu bisa di download dengan cuma-cuma bagi siapa saja yang memerlukan.

    Software yang dinamakan Click2Speak menawarkan keyboard bantu yang akan tampil di layar  yang bisa membantu pengguna untuk  berkomunikasi. Click2Speak untuk saat ini hanya bisa di gunakan di komputer/laptop berbasis windows serta tablet. Mudah digunakan, akurat dan cepat. 

    Aplikasi ini mirip dengan google translate, dimana saat kita melakukan translate kemudian di klik ikon speaker, maka akan muncul suara sesuai yang kita ketikan. Namun perbedaanya, kalau google translate baru bisa digunakan jika   komputer dalam kedaan online (internet tersambung), tidak demikian dengan Click2Speak ini. Aplikasi ini bisa digunakan walaupun komputer/laptop dalam keadaan offline, sehingga bisa dengan mudah di bawa kemana saja oleh pengguna. 

    Cara Penggunaan Click2Speak


    • Sebelum melakukan download dari situsnya, kita harus mengisi alamat email kita terlebih dahulu, setelah itu akan ada konfirmasi  yang masuk lengkap dengan link downloadnya.
    • Setelah beres di unduh, instal seperti biasa dan tampilan Click2Speak akan muncul seperti gambar di bawah ini.
    • Ada berbagai pengaturan yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna, seperti tampilan, warna, voice output , bahasa dan lainnya.
    • Secara default, suara yang yang dihasilkan akan kedengaran cepat. Namun pengguna bisa melakukan perlambatan suara dengan mengklik Seting - Voice Output - Voice Rate. Disana ada ikon Plus dan Minus untuk mengatur apakah mau cepat atau lambat sehingga lawan bicara pengguna nantinya akan kedengaran jelas. 
    • Untuk melakukan komunikasi (bicara), pengguna hanya cukup mengetikan hurup atau angka di papan keyboard yang ada di layar komputer/laptop  dengan bantuan  mouse   sesuai yang akan di ucapkan, setelah itu klik ikon speaker. 
    • Ada juga fitur Alarm Sound yang bisa digunakan pengguna ketika dalam keadaan "darurat". Misalnya memanggil seseorang atau isyarat lainya sehingga orang disekelilingnya beralih perhatiaanya kepada dia (pengguna)
    • Dan pengaturan lainnya yang bisa pengguna gunakan sesuai keinginan.
    Meskipun software ini sederhana, tapi sangat membantu bagi pengguna yang kesulitan berbicara 

    namun tangan masih bisa berfungsi. Kelemahan piranti lunak ini, suara yang dihasilkan masih menggunakan "logat barat", sehingga ketika mengetikan angka, maka suara yang akan keluar  berbahasa Inggris.  

    Click2Speak bisa bekerja di Windows 7 keatas dan tablet. 
    File Size 16 mb sehingga ringan saat digunakan.

    UNDUH  CLICK2SPEAK   https://www.click2speak.net/



    No comments:

    Post a Comment