• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

     

    MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

    gaji perawat homecare


    Ditulis oleh : Junaedi Pranoto, S.Kep
    (Berdasarkan Pengalaman Pribadi Homecare Individu)

    Terlalu banyak literatur, blog atau website yang mengupas "apa itu arti homecare"?. Namun secara sederhana homecare merupakan pelayanan jasa  perawatan kesehatan oleh tenaga medis terhadap pasien yang dilakukan dirumah. Berbagai layanan homecare diantaranya :

    1. Perawatan luka
    2. Pemasangan atau penggantian alat kesehatan misalnya selang lambung, catheter, tube pernafasan dll.
    2. Rehabilitasi medis
    3. Pelayanan ibu bersalin/melahirkan
    4. Pemberian obat melalui muskuler dan intra vena.
    5. Pijat bayi
    6. Dan sebagainya

    Jam kerja tenaga medis yang melakukan homecare umumnya mengacu pada kesepakatan kedua belah pihak antara tenaga medis itu sendiri dan keluarga si pasien. Biasanya ia akan menyesuaikan dengan  jam kerjanya dengan tempat dia bekerja (rumah sakit/puskesmas), karena tidak sedikit diantara mereka masih terikat dengan instansi tersebut (magang). Maka sering terjadi, homecare dilakukan oleh 2 tenaga medis atau lebih. Begitu juga  lamanya waktu pelayanan kesehatan  terhadap si pasien dalam satu kali tindakan homecare, akan disesuaikan dengan kondisi pasien itu sendiri. Homecare yang dilakukan terhadap lansia atau penderita stroke misalnya, tentu saja akan berbeda jam kerjanya dengan pelayanan homecare kepada ibu yang melahirkan. Disisi lain, salaripun pasti akan berbeda mengingat perbedaan jam kerja dari kedua jenis layanan tersebutg.    

    Peryaratan Untuk Menjadi Perawat  Homecare (Visiting Nurse)
    Untuk menjadi perawat homecare, selain dituntut harus bependidikan dengan latar belakang keperawatan (D3-S1) tentu saja seorang perawat homecare harus tahu dulu  tindakan apa yang harus dilakukan sesuai kondisi (penyakit) si pasien,  karena tidak semua perawat mendalami semua ilmu keperawatan, apalagi bagi perawat yang masih bekerja di rumah sakit dengan berbeda latar belakang  kamar tindakan . Misalnya tenaga medis yang bekerja di sebuah rumah sakit di ruangan anak, tentu harus menyesuaikan dengan si pasien homecare dengan perawatan stroke.  

    Berapa Gaji Perawat yang Melakukan Homecare ?
    Dari pengalaman yang sudah di alami saat melakukan tindakan homecare pada pasien yang menderita stroke dan pasien yang menderita penyakit Parkinson, seorang perawat diharuskan mendampingi pasien mulai dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore, dibayar Rp. 250 ribu. Itu bukan di kota besar seperti Jakarta atau Bandung, tapi disebuah tempat di  Kabupaten di Jawa Barat. Tentu bayaran yang akan didapat perawat homecare akan lebih besar lagi bila hal ini dilakukan dikota besar . Dan ketentuan upah sudah di sepakati antara keluarga pasien dan perawat.  Sementara perawat yang masih  bekerja di rumah sakit  secara  shift, jam kerja di bagi 2. Antara jam 7 sampai jam 2. Dan bergantian dengan perawat ke dua mulai dari jam 2 sampai jam 5.
    Pengalaman lainya, saya pernah di gaji 7,5 juta perbulan untuk merawat pasien yang menderita stroke berat (kebetulan keluarga pasien manatan direktur BUMN). Bila harus menunggu dari malam sampai pagi ( karena keluarga pasien pergi keluar kota), ada tambahan lagi. Permalam di bayar 200 ribu.
    Namun itu di bagi dua dengan sahabat saya karena bertepatan dengan kerja shift dirumah sakit tempat saya  bekerja. Jadi intinya , sangat wajar bila homecare untuk di wilayah kabupaten, gaji yang diminta berkisar 3 sampai 4 juta/perawat dengan jam kerja 8 jam.    


    Pekerjaan yang harus dilakukan terhadap pasien tersebut diantaranya :
    • Jam 7 memandikan pasien
    • Jam 8 menjemur pasien  pakai kursi roda
    • Jam 8.30 kasih makan selanjutnya obat-obatan yang sudah disiapkan keluarga pasien
    • Jam 9 masase pasien sampai si pasien merasa nyaman dan tertidur
    • Jam 12 biasanya pasien bangun (bila memang ada jadwal ngasih obat langsung di berikan)
    • Diantara jam 12 sampai waktu homecare habis, biasanya kami berinteraksi dan melakukan komunikasi dengannya, seperti mengajak berbicara, bernyanyi, meregangkan otot-otot sampai nonton tv bareng. Ini harus dilakukan agar si pasien merasa nyaman dan merasa ada yang memperhatikan. Dan tentu saja keluarga pasien akan senang pada kita.
    Ketentuan Gaji bagi tenaga medis yang melakukan homecare, sesuai pengalaman yang dialami ternyata tergantung kepada :
    "Kondisi ekonomi keluarga pasien. Bagi keluarga pasien yang mampu, tentu membayar berapapun asal hasilnya bagus, bagi mereka tak masalah. Tapi terkadang kami harus "bertemu" dengan keluarga biasa-biasa saja. Sehingga gaji yang diinginkan dan menurut saya jumlah gajinya sudah standar, jauh dari harapan saya"

    Dibutuhkan tenaga home care/home visit bagi dokter, bidan dan perawat. Klik disini

    SEMOGA BERMANFAAT  !!!!!

    1 comment:

    1. wah untuk gaji perawat home care cukup lumayan bisa dipakai hidup selama 1 bulan.

      Terima kasih captencare menjadi layanan terbaik anda.

      ReplyDelete