• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

     

    MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

    tips buka usaha reparasi printer

    Salah satu  jasa layanan service yang berhubungan langsung dengan komputer adalah jasa perbaikan printer. Berapapun mahalnya harga printer, suatu saat pasti akan "diopname" di tukang servis. Perlu diketahui,jasa perbaikan printer adalah jasa yang bisa menghasilkan pendapatan uang banyak. Makanya jangan heran, seorang tukang servis printer yang sudah berpengalaman, bisa menyekolahkan anaknya sampai sarjana.  Mereka yang sudah mengetahui seluk beluk mesin printer, banyak  dicari oleh para  pemilik toko printer yang melayani jasa penjualan dan perbaikan. Atau mereka yang sudah punya modal, mendirikan sendiri toko yang khusus merevarasi printer.

    Kendala bagi pemula yang ingin membuka layanan servis printer adalah tidak adanya alat "praktek" sendiri buat latihan merevarasi printer. Jadi kebanyakan mereka yang bekerja di toko atau pusat perbaikan printer adalah secara turun temurun atau dari kenalan dekat. Tahun 2000-an, banyak sekolah/lembaga  kursus perbaikan printer terutama dikota-kota besar didirikan, namun seiring berjalanya waktu, sekarang malah jarang ditemukan.

    Lalu bagaimana buat kita sebagai pemula yang ingin membuka layanan servis printer dengan modal sendiri?
    Pepatah mengatakan, "bila ada kemauan, pasti ada jalan". Ada berbagai cara kalau kita bertekad kuat ingin belajar merevarasi printer, diantaranya :
    • Membeli printer bekas. Printer yang paling banyak dipakai konsumen di Indonesia kebanyakan merk Epson dan Canon. Sebagai awal, kita membeli printer bekas dengan kedua merk itu dulu. Jangan yang mahal-mahal. Sebagai gambaran, harga printer bekas merk  epson t13 misalnya, sekitar 250-300 ribuan. Sementara harga printer Canon bekas type ip2770 sekitar 200 ribuan. Itu bisa dijadikan alat praktek sendiri.  Jangan lupa lengkapi dengan buku servis printer yang bisa dibeli di toko buku serta "gaul" dengan internet karena disana banyak informasimasi mengenai cara memperbaiki printer.
    • Ikut dengan temen. Kalau ada temen dekat atau saudara yang bekerja di tempat revarasi printer, rayu agar kita bisa ikut belajar bersamanya. Jangan minta di gaji, sudah bisa bergabungpun harus bersyukur karena  buat nanti kedepanya.
    • Mendirikan sendiri layanan jasa servis printer. Bagi anda yang punya modal sendiri, bisa langsung membuat toko dan melengkapi semua sparepart printer untuk berbagai type printer. Untuk karyawanya, kita bisa cari sendiri orang-orang yang sudah mahir memperbaiki printer. 

    Bagi pemula yang ingin belajar jeroan printer, saya sarankan kuasai kedua merk ini dulu. Sebab dua merk printer inilah yang banyak dipakai konsumen. Selain itu, Epson dan Canon juga banyak typenya. Pada dasarnya setiap printer cara kerjanya hampir sama. Sama seperti mekanik sepeda motor, walau motor setiap tahun berganti mesin/merk, tukang servisnya belum pernah terdengar mengeluh atau malah bengkelnya tutup gara-gara tidak menguasai mesin motor baru,  karena mereka sudah punya dasar sebelumnya.  Kesananya, kita bisa belajar lebih jauh lagi, seperti printer HP dan Brother serta  belajar menguasai komponen printer laser.

    Apa saja yang sering diminta konsumen untuk memperbaiki printernyanya dan berapa ongkosnya?.
    Berikut urainya : (harga setiap masing-masing  daerah mungkin berbeda)
    • Reset Printer. Reset adalah mengembalikan pengaturan awal ke seting pabrik. Pada umumnya ketika printer minta di reset, printer tidak bisa dijalankan, namun mesin masih hidup. Teknik reset buat masing-masing merk printer berbeda-beda. Jadi bagi kita yang pemula harus menguasai cara ini. Harga ongkos buat mereset sekitar 25 sampai 35 ribu. 
    • Hasil gambar bergaris, kosong/blank, warna bercampur, tinta tidak keluar,tinta putus-putus. Untuk layanan memperbaiki masalah ini harga tergantung  sulit tidaknya proses perbaikan, sebab ditentukan oleh merk printer juga, selain itu ada tambahan alat yang harus digunakan seperti thiner misalnya. Tapi  umunya tukang servis menerapkan ongkos biayanya sekitar 45-60 ribuan. 
    • Printer mati. Banyak penyebab printer mati total. Salah satu penyebabnya adalah motherboard. Kalau tidak ada jalan lain, terpaksa mainboard harus diganti . Teknik atau diagnosa inipun bagi pemula harus bisa mempelajarinya.  
    • Roll tidak bisa menarik kertas, kertas keluar tapi printer tidak melakukan aktivitas print, kertas menggulung didalam (paperjam). Masalah ini biasanya karena ada mekanik / roll yang sudah rusak (aus). Bila tidak ada pergantian sparepart, ongkosnya sekitar 50 ribuan.
    • Printer blinking, catride tidak terdeteksi, tinta banjir. Untuk ongkos perbaikan ini sekitar 35-40 ribuan.
    • Dan segala macam eror lainya yang bisa ditemukan seiring berjalanya waktu.
    Berikut peralatan servis printer untuk belajar yang wajib ada
    • Seperangkat komputer. Komputer wajib ada sebagai fungsi : untuk melakukan test print setelah printer diperbaiki, reset printer, penyimpanan tools reseter printer serta driver printer. (Beberapa jenis printer untuk melakukan reset, memang bisa dilakukan di printernya itu sendiri tanpa harus tersanbung dengan komputer).
    • Kabel power printer. Ini wajib ada, karena konsumen jarang menyertakan kabel power printer saat perbaikan. Kabel data printer untuk segala jenis printer.
    • Akses internet. Akses internet berfungsi : untuk mencari reseter printer yang belum  tersedia di kita, mencari driver printer serta mencari tutorial perbaikan printer yang belum di fahami.  
    • Kertas A4 atau F4 untuk melakukan test printer.
    • Obeng (obeng all in one)
    • Toner
    • Lem ( super glue, alteco, lem plastik)
    • Suntikan besar dan kecil dan lengkapi dengan selangnya
    • Perekat double, solasi lur dalam, lakban
    • Obeng kecil untuk membuka catride
    • Tissue
    • Head cleaner
    3Pelanggan perbaikan printer :

    Pelanggan perbaikan printer adalah individu dan perusahaan/lembaga. Bagi toko servis printer yang sudah berpegalaman/terpercaya, kerjasama dengan sebuah perusahaan atau lembaga sesuatu yang biasa. Jadi segala masalah hal yang menyangkut printer, toko tersebut membackupnya. Seperti  reparasi, pergantian suku cadang, pengadaan tinta baru serta   pergantian dari printer lama ke printer baru. Bagi kamu pemula, kamupun bisa melakukan hal ini. Yang penting semangat untuk belajar.

    Bagi kamu yang belajar sendiri, jangan lupa untuk bergaul dengan tukang servis printer serta  bisa belajar dari internet (youtube) karena disana banyak tutorialnya. Tapi ingat, tidak semua ilmu bisa didapatkan dari internet, karena mereka punya rahasia masing-masing yang tidak bisa di share karena menyangkut urusan "dapur". Bahkan kita harus hati-hati, tidak semua tutorial di internet tersebut benar, cari situs yang betul-betul terpercaya.   
          Yu kita belajar dari sekarang, ingat ,,,,menjadi reparir  printer bisa menghasilkan pendapatan banyak. 

    Semoga bermanfaat !!


    1 comment: