• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

     

    MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

    tips buka jasa edit video

    Editing video merupakan pekerjaan yang memadukan antara skill, seni dan kreatifitas. Bagaimana sebuah video yang telah di edit menjadi tayangan yang enak di tonton.Bagi kamu yang suka akan edit- mengedit video, tidak salahnya untuk membuka usaha jasa  editing yang satu ini. Peluang usaha yang memang masih  terbuka luas, dan bisa dikerjakan di rumah tanpa harus menyewa sebuah tempat.

    Bagi pemula , menjadi  editor video memang pekerjaan yang melelahkan. Bagaimana tidak, sebuah tayangan video berdurasi 1 jam, umumnya dikerjakan 2 - 3 hari proses pengerjaan. Jadi harus penuh kesabaran dan ketelitian, agar video yang dihasilkan menjadi benar-benar tayangan video yang diinginkan konsumen. Lama kelamaan bisa menjadi profesi yang menyenangkan, dan tentunya dapat menghasilkan uang.

    Mungkin kita akan bertanya,,,,Bagaimana hasil akhir dari  sebuah video yang sudah di edit?
    Caranya gampang , secara sederhana kita bisa tonton tayangan film, iklan televisi atau clip musik yang sering diputar di berbagai media eletronik. Dan mereka adalah para editor video yang memang sudah profesional di bidangnya. Bagi kita pemula, tidak usah muluk-muluk ingin seperti mereka, walaupun cita-cita   tetap harus ada dan tumbuh. Mau belajar dan tidak bosan menimba ilmu  adalah kuncinya.

    Berbagai kerjaan dalam proses edit video diantaranya : memotong (cut), menambahkan efek ( cahaya, warna, ), menambahkan ilustrasi musik, menghilangkan obyek yang tidak diinginkan, menambahkan obyek lain diluar konten video, menambahkan teks, mempercepat/memperlambat (slow motion), serta efek lainya.

    Perangkat yang dibutuhkan dalam proses editing video
    • Komputer. Untuk edit video, spek komputer harus benar-benar mendukung. Kita bisa melengkapinya dengan spesifikasi : intelcore i3,vga 2 giga, Ram minimal 8 giga, hardisk min 250 giga.  Serta komponen yang mendukung pada spek komputer tersebut, seperti PSU (Power Supply). Bila sefesifikasi komputer dibawah itu, umumnya akan menjadi kendala saat proses rendering.
    • DVDRW. DVDRW dibutuhkan untuk melakukan burning pada akhir proses. Misalnya di burning pada kepingan CD atau DVD.
    • Monitor. Agar hasil (grafik) video benar-benar bagus/akurat. Gunakan monitor yang mendukung beresolusi 1920 x 1080.Ini umumnya hanya tersedia pada monitor diatas 21 inc.
    • Aplikasi editing. Untuk mengolah sebuah video yang akan di edit, tentu saja kita butuh software pengolah video. Ada berbagai software yang biasa digunakan oleh para editor video, diantaranya :  Adobe Primer Pro CC, Corel Video Studio X7, X8. Cyberlink Power Director, Pinnacle, Final Cut Pro dan lain-lain. Pertanyaanya : Apakah kita harus mencoba semuanya?. Saya sarankan lebih baik pilih satu atau dua saja, ini dimaksudkan , dengan memilih satu atau dua aplikasi,  kita lebih menguasai berbagai fitur/tools didalamnya.
    • Operasi System. Untuk pc, gunakan OS minimal windows 7 64 bit keatasnya, agar suport pada aplikasi edit video keluaran terbaru. 
    • Untuk menambahkan efek-efek yang fiturnya tidak ada  di aplikasi  edit video seperti diatas, kita bisa mencoba menggunakan aplikasi Adobe After Effeck dan sejenisnya. Ini berguna untuk menambahkan efek seperti di film-film (hollywood). Sehingga hasil edit yang selesai kita buat, bisa menambah nilai lebih buat konsumen kita.

    Lalu dari mana kita memulai buka layanan jasa edit video sebagai pemula?

    Banyak hal yang harus kita lakukan agar jasa kita bisa dikenal orang. Sebagai pemula, kita bisa membuka layanan jasa edit video seperti edit video pernikahan, ulang tahun, reuni, wisuda, dan video pribadi lainya. Tidak usah menyewa tempat. Cukup dirumah saja. Sebarkan browsur atau buat blog sendiri atau gabung di media sosial seperti WA, Facebook, ikut iklan di Kaskus dan layanan web site iklan gratisan yang banyak di internet. Untuk mencari pelangan, kita juga bisa bekerja sama dengan orang-orang yang mengelola event tersebut seperti : juru rias pengantin, event organizer, fotografer dan jasa shoting video serta  pengelola / penyewaan gedung.

    Berbagai cara transfer dari perangkat kamera ke komputer.

    Untuk promosi, kita bisa menerima file transfer dari berbagai kamera dengan berbagai format. Misalnya dari kemera HP atau  Handycam.  Tentu saja kita harus faham betul format yang suport untuk setiap aplikasi editing. Transfer dari kamera ke komputerpun bisa dilakukan dengan berbagai cara tergantung kelengkapan atau fitur dari kamera tersebut. Bisa menghubungkan langsung via kabel usb dari kamera ke pc seperti handycam, atau transfer via kartu memori dengan menggunakan cardreader seperti dari handphone misalnya.
    Tapi kita harus ingat, file size kepingan DVD hanya  memuat sekitar 4,6 giga. Jadi saat rendering berlangsung, kira-kira berapa giga size ketika video hasil editan kita selesai dilakukan. Kecuali DVD blu-ray yang bisa memuat hampir 50 giga. Jadi kita tanyakan dulu, apakah dvd player milik konsumen support dengan blu-ray apa tidak?. Atau kalau tidak support, kita bisa membuat dua kepingan dvd dan ini sering dilakukan oleh para editor video.

    Harga jasa editing video.

    Patokan harga untuk jasa edit video bervareasi tergantung rumit tidaknya sebuah video yang akan di edit. Namun kebanyakan untuk layanan jenis video seperti ditulis diatas tadi, konsumen tidaklah terlalu "rewel". Yang penting ada pembicaraan dulu sebelum proses edit dilakukan. Karena adakalanya konsumen mengeluh akibat salah satu frame/adegan  penting menurut dia, kita hilangkan (cut). Jadi usahakan setelah di transfer di komputer , kita harus tonton bersama-sama dulu sampai selesai , bagian mana yang akan di edit dan bagian mana yang tidak perlu di edit. Harga jasa edit video yang berlaku umumnya diantara 150 ribu sampai 250 ribu. Untuk penambahan efek tertentu, dikenakan biaya 300 sampai 350 ribu. Harga sudah termasuk dengan  DVD yang disediakan kita serta cover.

    Berbagai keluhan konsumen setelah penyerahan hasil edit video.

    Ini sering terjadi konsumen tidak puas akan layanan kita, diantaranya :
    • Kepingan DVD cepat rusak. Setelah sekian kali diputar, dvd yang berisi video hasil edit kekuatanya tidak bertahan lama, sehingga konsumen merasa dirugikan. Seperti gambar bergaris, pada durasi tertentu video tidak berputar, gambar buram, suara hilang dan lain-lain. Jadi gunakan kepingan DVD yang paling bagus sesuai kesepakatan.
    • Penambahan teks yang salah ketik. Ini hal sepele yang berakibat fatal. Seperti penulisan nama  yang biasa muncul diawal dan diakhir tayangan video (teleteks). So,,,penulisan nama, gelar, alamat mesti diperhatikan.
    • Penambahan  ilustrasi musik yang tidak tepat. Ini sering terjadi pada video pernikahan, jadi kita harus faham  saat adegan mana ilustrasi musik ditambahkan dan jenis musik apa yang kira-kira cocok dengan saat adegan tersebut belangsung.. Ilustrasi musik biasanya diambil dari file musik yang ada di komputer kita. Tambahkan ilustrasi musik saat tayangan video yang berisi konten video yang tidak ada suara pidato misalnya.  
    Nah untuk itu ,,,bagi kamu yang ingin mencoba buka usaha editing video,lakukanlah dari sekarang, jangan takut salah untuk memulai.

    Semoga berhasil !!!

    2 comments:

    1. Terima kasih banyak ilmunya. Kunjungi website saya juga ya https://sentastudio.com/

      ReplyDelete
    2. Terima kasih banyak ilmunya. Kunjungi website saya juga ya Senta Studio

      ReplyDelete