• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

     

    MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

    cara mengetahui alamat si pengirim email yang tak dikenal

    Mungkin kita pernah menerima kirima email dari seseorang yang tidak dikenal dengan  berbagai macam tujuan, diantaranya ada yang minta kenalan,  minta saran, penawaran pelatihan, minta nomor telepon, penawaran uang hibah sampai pemenang undian berhadiah. Memang sulit meng-identifikasikan apakah email tersebut benar valid atau malah phising/penipuan dan lain-lain. Sebelum kita  mempercayai pesan yang disampaikan dan membalas emailnya, sangatlah  penting untuk mengidentifikasi orang yang berhubungan dengan email ini. 

    Pada dasarnya, email yang berisi scam,phising atau penipuan punya ciri khas yaitu :
    1. Alamat email dikirim dari email/website gratisan. Misalnya saja nama503@gmail.com, nama 12@yahoo.com, nama@webcom, nama@wix.com , nama@webbly.com dan lain-lain
    2.  Penulisan nama kita tidak tepat atau salah ejaan
    3.  Dicantumkannya urgent / atau minta dibalas secara cepat
    4.  Alamat email si pengirim tidak sesuai dengan alamat website dari suatu organisasi
    5.  Ada juga isi email yang meminta kita untuk  meng-klik tautan yang disertakan dibawah tulisan. Perlu diperhatikan, kadangkala kita tertipu ketika membuka tautan atau link tersebut, saat terbuka websitenya sepertinya benar-benar dari perusahaan resmi. Padahal kalau kita jeli, bisa dilihat nama dari websitenya yang tertera. Salah sedikit atau kurang hurup atau ejaanya, akan ketahuan. Bila ragu, jangan sekali-kali mengisi kolom register seperti memasukan nama, alamat email atau nomor telepon. 
    6. Penawaran hibah dari orang kaya, biasanya ini menggunakan bahasa Inggris 

      Dalam postingan kali ini, kita akan membahas beberapa tips dan trik bagaimana cara meng-identifikasi awal sipengirim email yang kita tidak kenal.
    1. Gunakan mesin pencarian google. Kita bisa lakukan dengan mengcopi alamat emailnya dan pastekan di kotak mesin pencarian google.  Dari hasil pencarian kita bisa lihat, semua informasi yang terkait dengan alamat email tersebut. Sangat mudah memilah apakah ini benar atau penipuan. Diantaranya dengan melihat profil atau alamat websitenya. 

    2. Pastekan alamat email di pencarian Facebook. Perlu diketahui, sampai kini pengguna Facebook aktif diseluruh dunia sekitar 1,28 miliar orang. Dan salah satu syarat bagi seseorang yang ingin menggunakan Facebook adalah wajibnya penguna mempunyai alamat email. Jadi, ada kemungkinan kuat bahwa kita bisa   menemukan pemilik alamat email melalui Facebook. Tanpa bantuan ahli IT pun, kita pasti bisa menidentifikasi, apakah ini palsu atau betul-betul valid. 
    3. Menggunakan Google Image/Gambar. Bila sipengirim email dilengkapi dengan foto pribadinya, kita bisa copi gambar fotonya lalu upload ke Google Image/Gambar. Caranya buka Google-Gambar (Image) dan klik ikon kamera. Dengan begitu kita bisa mengkonfirmasi tentang latar belakang si pengirim email.
    4. Melacak IP sipengirim.   Untuk mengetahui alamat IP addres sipengirim, kita bisa lakukan seperti ini. Gmail                                                                                                                                      - - Login dulu ke akun Gmail anda, buka kotak masuk. Pilih salah satu kotak masuk yang anda curigai                                                                                                                                       





      - Klik tolls "Lainnya" dan scroll ke bawah   dan pilih "Tampilkan yang asli ". Maka tab selanjutnya yang keluar adalah seperti gambar dibawah ini. Copy alamat IP nya dan pastekan di pencarian IP Locator yang banyak bertebaran di internet.






      Yahoo
      - Login ke aku Yahoo, dan buka kotak masuk. Klik kotak masuk yang anda curigai. Klik tools " Lebih lanjut " dan pilih "Lihat Pesan Mentah ".




      Maka akan keluar tab seperti gambar dibawah ini



      Copy alamat IP nya dan pastekan di pencarian IP Locator yang banyak bertebaran di internet.



      SELAMAT MENCOBA !!!!!












    No comments:

    Post a Comment