• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

     

    MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

    cara memberi tanda pada video

    Pernah nonton video yang ditandai misalnya dengan lingkaran merah?.
    Tujuan untuk menandai video pada obyek tertentu dimaksudkan untuk mempertajam maksud dari isi video yang disampaikan. Ini biasanya terjadi pada video-video dengan obyek bergerak  lebih dari 2 obyek seperti manusia atau binatang dengan tujuan agar penonton lebih fokus pada satu titik tertentu sesuai apa yang menjadi judul dari video tersebut. 
    Panandaan obyek biasanya "berlaku trik" apa yang di sebut  dengan track motion. Jadi tanda yang sudah dibuat  akan  bergerak mengikuti gerakan obyek. 

    Bagaimana cara membuatnya ?.
    Sebetulnya banyak aplikasi editing video yang menyertakan tools penanda seperti yang dimaksud diatas. Namun sayangnya saya belum pernah menemukan. Jadi bila anda ingin membuatnya bisa dengan mengunakan 2 aplikasi. Pertama photoshop , kemudian diolah di edtitor video.
    Dalam contoh dibawah ini, saya menggunakan photoshop CS6 (photoshop dibawah versi sebelumnya juga bisa), dan aplikasi editor video Corel Video Studio. 

    Berikut langkahnya :
    1. Buka aplikasi photoshop kemudian klik File-New - Ok. Untuk ukuran kertas kerja biar saja jangan diatur, karena kita hanya akan membuat gambar lingkaran
    2. Setelah itu klik Elips Tools dan buat lingkaran tersebut di kertas kerja tadi. Usahan atur sampai lingkaran betul bulat
    3. Kita bisa melakukanya dengan drag drop sehingga lingkaran benar bulat. Setelah selesai dibuat, maka gambar akan seperti ini.
    4. Agar lingkaran tidak full warna,  klik Fill dan No Color. 
    5. Maka penampakan gambar selanjutnya akan didapat seprti dibawah ini.
    6. Kita dapat mengatur ketebalan line serta warna line (garis bulatan). Untuk merubah warna klik Stroke dan pilih warna sesuai keinginan. 
    7. Selanjutnya penampakan gambar seperti di bawah ini. Agar mudah saat pengolahan, lakukan crop sesuai panjang lebar gambar, sehingga mudah saat di masukan ke editor video.
    8. Lihat pengaturan background layer yang ada disebelah kanan.  Klik background dan geser secara drag drop ke tanda "tempat sampah".
    9. Hasilnya background kini telah hilang.

    10. Kemudian klik File - Save As lalu diberi nama, tentukan dimana file akan disimpan. Jangan lupa simpan dalam format PSD, lalu OK
       

    Selanjutnya kita tutup  photoshop dan buka aplikasi editor video. Nah,,,,gambar tadi  kita buat menjadi tanda video. Semua aplikasi editor video mungkin bisa suport dengan format PSD,  Bila ingin melihat contoh video yang saya buat dengan ditandai lingkaran merah pada obyek tertentu, bisa klik tautan dibawah ini .   http://payupisan.blogspot.co.id/2016/12/video-pembunuhan-duta-besar-rusia.html.

    SEMOGA BERMANFAAT !!

    No comments:

    Post a Comment