• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

     

    MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

    cara menjadi pemain organ tunggal dangdut atau pop





    Profesi apapun kalau dijalani dengan serius pasti akan menghasilkan uang, termasuk pemain organ tunggal. Seorang pemain organ tunggal bisa menghasilkan uang jutaan rupiah dalam satu bulan. Untuk menjadi pemain organ tunggal, tidak harus sekolah tinggi-tinggi, sarjana musik misalnya. Walaupun ada sekolah atau kursus organ/piano, namun mata pelajaran  yang dipelajari tidak menjurus menjadi seorang pemain organ tunggal.  

    Lalu darimana mereka belajar sehingga bisa memainkan dan menghasilkan uang?

    Kebanyakan para pemain organ tunggal adalah mereka yang gaul bersama-sama pemusik. Melihat teman , mencontoh dan mempelajarinya. Seorang pemain tidak harus berasal dari sebuah grup musik, tapi ada juga yang “berdiri sendiri”. Jangan heran, ada juga pemain (di Bandung istilahnya elektone/elektun) organ tunggal yang tidak punya alatnya sendiri(keyboard). Tapi  dia meminjam milik temen . Ada juga yang sengaja di belikan orang lain sekedar untuk disewakan. Harga penyewaan keyboard untuk dijadikan organ tunggal bervareasi. Mulai dari 100 , 150 sampai 200 ribu/1 kali manggung. Keyboard yang digunakan biasanya keyboard dengan harga “low level”. Atau dikisaran 10 juta ke bawah. Mulai dari merk Yamaha, Korg dan Tecnic. Tapi merk keyboard Yamaha lebih banyak dipakai oleh para pemain, terutama yang bermain di jalur dangdut. Dengan alasan mudah saat dimainkan. Kemudahan itu antara lain adalah : fitur-fiturnya lengkap namun  gampang dipelajari,  instrument suara yang dihasilkan mirip aslinya seperti suara seruling, drum, gendang serta gitar,  tombol-tombol efek suara mudah di jangkau dengan jari tangan dengan hanya sekali klik, harga jual kembali tinggi, dan tentu saja lebih familiar dan harga terjangkau.
    Kemudian Sulit mana memainkan lagu-lagu POP dibanding dengan lagu-lagu dangdut ?
    Ini tergantung pada kebiasaan saja, pemain organ tunggal yang biasa mengiringi  lagu-lagu dangdut mungkin akan sedikit susah ketika mengiringi lagu POP, begitupun sebaliknya. Namun kalau melihat vareasi dan “sibuknya tangan saat menari” di tuts keyboard,  pemain yang mengiringi lagu dangdut lebih “sibuk” dan banyak varerasi di banding pengiring lagu-lagu POP.
    Mungkin anda pernah mendengar disaat boomingnya album anak-anak seangkatan Joshua, Nikita, Chiqueta Meidy, Cindy Cenora, Trio wek-wek dll yang sering menghiasi layar kaca tahun 90-an, itu adalah  jasanya dari seorang pemain organ tunggal. Semua musik instrument untuk mengringi lagu anak-anak tersebut dibuat hanya mengandalakan instrument yang berasal dari keyboard, walaupun tidak semua  lagu anak-anak pada masa itu dibuat dengan keyboard. Ada juga yang diiringi dengan band combo bahkan orchestra seperti lagu-lagunya Tasha. Bahkan banyak lagu-lagu POP SUNDA, sampai kini masih ,menggunakan keyboard sebagai andalan utamanya, ditambah lagi  instrument gitar, kendang sunda dan suling sunda.

    Basik untuk menjadi seorang pemain organ tunggal adalah mengerti irama  beserta kunci nada keyboard.  Umumnya para pemain yang “berani tampil sendiri” ini , menguasai semua alat musik atau paling tidak menguasai ketukan musik seperti drum dan bass. Para “elektoner” yang biasa mengiringi lagu dangdut, umumnya belajar secara otodidak. So,,,,jangan paksa mereka memainkan lagu-lagu jazz, karena kunci atau grif yang dia mainkan adalah standar.

    Para pemain organ tunggal terutama dangdut,  akrab dengan istilah Tranfose (di baca transfus). Apa itu Transfose ?. Transfose adalah menaikan atau menurunkan nada yang sudah ada dengan menggunakan fitur transfose yang ada di keyboard. .  Mengapa para pemain organ tunggal (dangdut) lebih banyak memakai fitur  transfose?. Dengan memakai fitur ini, sebuah lagu dangdut yang dibawakan, akan mudah saat diiringi. Perpindahan  tangan saat memijit  nada C misalnya, ketika berpindah ke kunci F, jadi lebih cepat dan akurat . Jadi dengan fitur ini, meskipun tangan memijit nada C , suara nada  keyboard bisa di ganti/di transfose jadi nada F, G, A dan selanjutnya tergantung nada lagu yang di bawakan.  Makanya jangan heran, walaupun tiap pergantian lagu dengan nada dasar berbeda, posisi tanganya distu-situ juga.


    Perkembangan Dunia Elektun / Organ Tunggal

    Di kota-kota kecamatan di Jawa Barat, sampai kini hiburan organ tunggal masih banyak penggemarnya disamping hiburan tradisional. Bahkan induk semang dari organ tunggal itu sendiri yaitu dangdut full (kombo) , kalah pamornya. Banyak alasan mengapa organ tunggal lebih banyak di undang oleh masyarakat yang punya hajatan dari pada dangdut full. 
    - pertama : harga manggung organ tunggal lebih murah
    - dengan hanya personel rata-rata 7 orang + MC, biaya suguh makan minum lebih irit, dibanding dangdut combo yang bisa mencapai 12 personil
    - ukuran panggung tidak selebar dangdut full, sehingga dana penyewaan panggung bisa di tekan
    - setelah organ tunggal  populer, banyak pemain dangdut yang beralih profesi menjadi pemain  “elektun”, sehingga ketika konsumen membutuhkanya, jadi gampang di cari. Kemudahan itulah yang menjadi alasan konsumen menggunkan jasanya.

    Semoga bermanfaat


                    ANDA SEORANG PEMAIN ORGAN TUNGGAL? IKLAN KAN SAJA DI BLOG INI. DENGAN MENGETIK DI KOTAK KOMENTAR. SERTAKAN ALAMAT DAN NOMOR HP YANG JELAS.  BLOG INI DI LIHAT  PENGUNJUNG RATA-RATA 600 / HARI. SEMOGA ADA REZEKI BUAT ANDA

    4 comments:

    1. saya pemain orgen tunggal asal tembilahan inhil riau mas...
      bagaimana solusinya agar banyak job tidak sepi laaahhh maksudnya...
      terima kasih...

      ReplyDelete
    2. New Wijaya nada musik electone . Terima job wilayah jatim.versi lagu dangdut Melayu ..dan..campursari dangdut . Sedikit congdut. Contac me ..085733787279. jl.sawogaling 2 Jemundo,taman Sidoarjo Kel. Sambibulu RT.26 rw.05 no.11 b.

      ReplyDelete
    3. saya mas joko player terima job wilayah jabodetabek biasa bawain campursari dangdut , gambus , pop . nomer tlp 08128522997 alamat jl raya muchtar sawangan depok

      ReplyDelete
    4. Abbas electone surabaya
      Job dangdut koplo terviral
      081330030386

      ReplyDelete