• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

     

    MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

    cara buat acara bazzar karang taruna

    Yuu ! jadikan produktivitas karang taruna kamu !!
    Bila kamu tinggal diwilayah yang banyak pemudanya dan kebanyakan  dari mereka tidak produktivitas (tidak punya kerjaan tetap) apalagi sudah punya wadah dalam  Karang Taruna, kenapa ngak jadikan mereka jadi produktivitas dan menghasilkan?.
    Salah satu event yang bisa dibuat adalah dengan membuat bazzar. Walaupun namanya sama-sama bazzar, kamu ngak usah membadingkan event bazzar bikinan PEMDA atau Perusahaan dengan bazzar sekelas karang taruna. Pengalaman saya saat membuat bazzar dilingkungan desa/kelurahan, ternyata hasilnya cukup membanggakan, bahkan jadi event 3 bulanan. Dengan tata letak yang nyaman dan aman buat warga(pembeli), acara ini banyak apresiasi dari mana-mana, termasuk pihak kecamatan.

    Selain itu kami dan teman-teman yang sama-sama "jobless", di buat  jadi sibuk karena ada kerjaaan. Tidak lagi nongkrong di pinggir jalan sambil goda cewek lewat. Dengan begitu dengana adanya kegiatan bazzar, para pemuda di tuntut kreatif bagaimana menciptakan permaian atau membuat program acara dalam bazzar semenarik mungkin, agar pengunjung membludak.

    Bazzar ala karang taruna seperti yang telah kami lakukan, tidak perlu dana besar, karena para peserta bazzar diambil dari para pedagang yang ada di area wilayah kami.   Seperti warung-warung, pedagang roda dorong yang sering mangkal, pedagang mainan anak atau pedagang peralatan rumah tangga sampai tukang cukur. Panitia hanya menyediakan tempat, lapak bazzar lengkap dengan atapnya, listrik untuk penerangan malam hari, area parkir, sound system, panggung serta keamanan agar peserta dan pengunjung merasa nyaman, aman dan tertib.

    Untuk stand/lapak, ukuran bisa dikondisikan dengan tempat dan banyaknya peserta bazar, yang penting kuat dari terpaan angin dan atasnya dilindungi biar tidak kehujanan dan yang penting tidak asal-asalan.

    Untuk peserta yang ikutan bazzar, kami menggunakan 2 sistem, yaitu :
    Yang pertama : panitia menyediakan  stand / lapak buat mereka dengan sistem sewa.
    Yang ke dua   : kita ambil makanan dan minuman, panitia yang mengelolanya. Jadi keuntunganya selisih dari 
                           barang yang tersisa (tidak terjual). Pemilik barang dagangan tidak ikut terlibat.

    Padukan Dengan Kegiatan Amal 
    Agar perayaan bazzar lebih memikat pengunjung dan terlihat lebih "religius", bisa kita padukan dengan kegiatan sosial. Caranya semua komponen karang taruna mengumpulkan pakaian bekas layak pakai yang bisa didapatkan dari para warga yang memang pakainya sudah tidak terpakai. Nantinya, apakah pakaian tersebut akan disatukan sebagai  hadiah setiap pembelian barang atau di jual murah, terserah panitia.

    Untuk lebih menyemarakan acara bazzar, kita bisa adakan berbagai lomba, miisalnya peragaan busana anak-anak, lomba karaoke sampai parade musik, tentu saja ini kesanggupan panitia termasuk didalamnya dana dan keamanan.

    Hal-hal yang diperhatikan saat persiapan membuat acara bazzar.

    1. Ajak seluruh pemuda / karang taruna bahwa kita akan membuat event bazzar
    2. Kalau semua sudah setuju, buat acara meting (rapat) sekaligus membuat susunan panitia.  Terdiri dari Ketua (ketua bisa ketua karang taruna), bendahara, sekretaris, humas, konsumsi, kamanan dan lain-lain.
    3. Susun apa saja tugas masing-masing seksi.
    4. Salah satu tugas penting seksi-seksi adalah pencarian tempat/lokasi bazzar, lokasi sangat mempengaruhi sukses tidaknya sebuah gelaran bazzar,  penyediaan peralatan seperti listrik, meja buat pameran, perizinan serta seksi yang bertugas mencari donatur atau penyandang dana.
    5. Membuat  proposal bagi donatur, pemilik warung dan masyarakat yang kiranya akan ikut serta dalam arena bazzar. Sertakan surat keterangan izin keramaian yang diketahui  minimal oleh kelurahan, agar para donatur atau peserta bazzar percaya.
    bersambung

    No comments:

    Post a Comment