• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

     

    MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

    perbedaan pinjaman dana online dan pinjaman dana ke bank


    Belakangan ini marak iklan yang menawarkan pinjaman online bagi masyarakat yang membutuhkan. Beberapa kemudahan yang diberikan perusahaan pinjaman online oleh perusahaan teknologi finansial (tekfin) diantaranya kecepatan dalam pencairan dana pinjaman, tidak ribet dan berbelit-belit, sehingga bagi masyarakat yang membutuhkan pencairan dana ektra cepat, pinjaman online ini memang cocok. Kelebihan lain diantaranya : mudah dalam mengurus prosedur dan administrasi, diproses lebih cepat karena semua dilakukan dengan online.

    Namun sayangnya, pinjaman online ini berbunga tinggi dan kreditnya jangka pendek. Yang paling "gila", bahkan bunga pinjaman ada yang sampai 26% pertahun. 
    Salah satu perbedaan yang mendasar antara pinjaman dana online dengan pinjaman dana melalui bank (konvensiona) adalah, pinjaman dana online belum memiliki blanket garansi semacam Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang dipunyai oleh bank.  

    Bentuk pinjaman online umunya dibagi 2 , pertama ada yang tanpa jamninan dan pakai jaminan seperti rumah atau apartemen. Sehingga peminjam harus hati-hati dalam mengelola pinjaman tersebut. 
    Setelah mempelajari skema bunga, persyaratan, cara pembayaran angsuran, denda dan sebagainya, peminjam diharapkan bisa berhati-hati dalam mengelola keuanganya. Jangan sampai terjadi gagal bayar. Jangan lupa juga, pertimbangkan juga jauh-jauh hari bila terjadi kemacetan dalam membayar cicilan. Jadi diharapkan dana pinjaman diperuntukan bagi pengeluaran yang bersifat  produkstif dan mendesak.

    Sementara bagi peminjam yang menggunakan jaminan, perlu hati-hati juga tentang agunan anda ketika masih ada dalam jangka cicilan. Perlu cek dan ricek juga bagimana "kesehatan" dari  perusahaan teknologi (tekfin) yang memberikan pinjaman kepada anda. Baca persyaratan/administrasi  secara seksama bagaimana kalau terjadi gagal bayar. 

    Intinya, bila memang memungkinkan meminjam dana kelembaga keuangan lain (bank konvensional), sebaiknya itu yang dipilih.   Dan bagi anda yang terlanjur menggunakan dana pinjaman dari perusahaan teknologi (tekfin), berdisipilinlah dalam menggunakan dana tersebut dan tepat waktu dalam membayar angsuran setiap bulanya.


    1 comment: