• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

     

    MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

    kondisi jalur alternatif kaligesing (Purwerejo-Jogjakarta)

    Jalur berkelok-kelok dan sempit
    Salah satu pemandangan di Kaligesing

    Salah satu turunan ekstrim Kaligesing

    Bila anda dari Jogja mau ke Purwerejo atau dari arah sebaliknya dari Purwerejo ke Jogja, ada jalur alternatif yang bisa mempersingkat jarak perjalanan,  nama jalur tersebut adalah Kaligesing. Kaligesing merupakan sebuah pegunungan yang sering dijadikan jalan alternatif bagi pengguna jalan antara Purwerejo dan Jogjakarta. Dengan menggunakan jalur ini, baik dari arah Jogja maupun Purwerejo, pengguna jalan tidak akan melewati kota Wates. Pengalaman saya, saat menggunakan  jalur Kaligesing dari arah Jogja ke Purwerejo adalah 1 jam (menggunakan kendaraan roda 4). Jadi lumayan 1 jam bisa dipersingkat dari pada melewati Wates.
    Baik dari Purwerejo maupun dari arah Jogja (Godean), saat akan memasuki wilayah Kaligesing jalanan menanjak, dengan kiri kanan pemandangan yang sangat bagus.

    Bagi anda yang baru dan akan menggunakan jalur Kaligesing perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut :
    1. Jalur Kaligesing kondisi jalan menanjak atau boleh dibilang tanjakannya sangat extrim, terutama dari arah Purwerejo. Jadi disarankan gunakan kendaraan yang betul-betul dengan kondisi mesin baik.
    2. Disarankan jangan melakukan perjalanan malam hari. Daerah yang akan dilewati merupakan hutan dan jarang rumah penduduk. (antara rumah satu dengan rumah yang lain berjauhan). Selain itu juga banyaknya pertigaan yang akan dilewati, dikhawatirkan  papan arah yang ada kalo malam hari mungkin saja sulit dibaca sehingga pengguna salah jalur.
    3. Kendaraan bis atau truk disarankan jangan melewati jalur ini, selain tanjakan serta turunan yang begitu ekxtrim, juga sempitnya jalan serta belokan tajam bisa menyulitkan pengemudi.
    4. Kondisi jalan beraspal dan sebagian hotmix, jadi sangat bagus untuk digunakan.
    5. Bagi anda yang "touring" lakukan konvoy dan jangan ngebut. Tapi tetap lakukan perjalanan siang hari sehingga pemandangan Kaligesing bisa dinikmati.  Karena banyaknya pertigaan, jadi papan petunjuk arah harus dibaca hati-hati, salah baca anda pasti tersesat.

     SEMOGA BERMANFAAT  !!!!

    No comments:

    Post a Comment