• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

     

    MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

    video perang suriah dan pundi-pundi uang


    Tidak bisa dipungkiri lagi, tayangan video perang Suriah/Syiria yang bisa disaksikan (terutama) melalui website Youtube, menjadi video perang paling banyak menyedot perhatian pengunjung  diseluruh dunia pada abad ini. Ini berbeda dengan jumlah video perang yang terjadi di Ukraina. Menurut Youtube, pada tahun 2012, lebih dari satu juta video perang Suriah telah di upload dengan berbagai macam konten. Mulai video grafik (menampilkan kengerian) sampai provokasi. Diantaranya : video Eksekusi, Penyiksaan, Pembunuhan  orang tak berdosa, aksi sniper dan tayangan lainya yang bikin merinding yang tidak tahan melihatnya. Tentu saja semua tayangan video yang di upload ke yotube harus di saring dulu sesuai kebijakan privacy youtube. Menurut salah seorang video youtuber yang meliput langsung perang Siria yang tidak mau disebut namanya (informasi ini didapat dari Daily News), ada uang "saku" yang mereka dapatkan untuk setiap tayangan yang berhasil di unggah ke Youtube. Ini menjadikan "pekerjaan " tambahan bagi mereka yang berani bertaruh nyawa. Lalu dari mana uang tersebut mereka dapat ?. Masih informasi dari situs Daily News, mereka mendapatkan uang dari para penguasa yang di dukung Amerika Serikat. Makanya jangan  heran, kebanyakan video yang di unggah adalah video tentang "kemenangan" pasukan pemberontak yang menentang presiden Bashar Al Assad.

    Masih menurut ceritanya, untuk setiap kelompok pasukan pemberontak  , minimal harus ada seorang yang mendokumentasikan baik melalui Handy Cam maupun video Hand Phone. Terkadang, mereka para youtuber menayangkan hasil liputanya yang didapat dari pihak musuh. Lalu bagimana mereka mendapatkanya?. Kebanyakan mereka mendapatkankanya dari pasukan yang menyerah atau yang tewas di medan tempur.

    Seperti di ketahui, rezim Al Ashad telah  memotong jalur DSL dari daerah yang dikuasai pemberontak di Aleppo setelah masuknya Tentara Pembebasan Suriah pada akhir Juli 2012. Hanya ada dua jaringan untuk mobile pribadi yang tersedia , diantaranya  (MTN dan SyriaTel) yang menawarkan layanan serta hanya bisa diakses di lingkungan lokasi dekat daerah kendali pemerintah

    Akhirnya untuk mendapatkan akses internet, mereka (pemberontak/oposisi) menjadikan Turki sebagai jasa penyedia layanan nirkabel  khususnya untuk wilayah Aleppo yang masih dikuasai oposisi.
    Di lingkungan al-Masyhad,  jaringan nirkabel tersebar luas. Di berbagai belahan kota, telepon akan mendeteksi puluhan jaringan yang tersedia.Banyak warga Suriah masih mengikuti perkembangan  dan berita di Suriah melalui jaringan sosial. Ada juga yang menggunakan pesan WhatsApp dari teman dan kerabatnya. Salah seorang warga Aleppo  mengatakan, "Kita sekarang perlu internet lebih dari sebelumnya karena jika tidak, kita tidak bisa tahu apa yang terjadi di sekitar kita. Internet menjadi perlu untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman yang sedang mengungsi ke negeri-negeri jauh. Internet adalah cara terbaik dan tercepat untuk tetap berhubungan dengan mereka. "

    Keadaan perang telah membuat akses  internet lebih sulit di Aleppo. Ditambah medan dengan bukit-bukit tinggi dan pegunungan yang diperlukan untuk menara komunikasi nirkabel.

    Terjemahkan bebas. Sumber Al Dayt


     

    No comments:

    Post a Comment