Google Resmi Luncurkan AdGrants Untuk Organisasi Non Profit Indonesia
Google resmi mengumumkan kehadiran program Google
AdGrants di Indonesia. Adanya program Google AdGrants ini bertujuan
untuk memberdayakan organisasi non profit dengan memberikan bantuan
sebesar US$10.000 atau sekitar Rp136 juta per bulan. Bantuan ini bukan
berupa uang, melainkan dalam bentuk pengiklanan AdWords, untuk
mempromosikan misi dan inisiatif mereka di Google.co.id. Dengan program
ini, penerima AdGrants membangun dan mengatur akun AdWords mereka
sendiri seperti membayar pengiklan, tapi berpartisipasi dengan
ketentuan, yaitu anggaran harian di atur ke US$329, batas maksimum
biaya-per-klik (BPK) sebesar US$2.00 dan hanya menjalankan kampanye
bertarget kata kunci dengan iklan teks yang muncul di Google.com.
Secara global, Google sudah memulai program ini sejak tahun 2003. Kini, program Google AdGrants sudah ada di lebih dari 50 negara dan wilayah serta diterjemahkan dalam 48 bahasa. Dan lebih dari 20 ribu organisasi non profit di seluruh dunia.
Untuk memenuhi syarat ikut program ini, organisasi harus memiliki status badan amal yang saat ini berlaku di Indonesia. Juga, harus mengakui dan setuju untuk sertifikasi aplikasi yang diperlukan mengenai non-diskriminasi dan penerimaan sumbangan dan penggunaan, memiliki situs web yang berfungsi dengan konten substansial.
Erin Hattersley, Program Manajer Google untuk organisasi nonprofit menyatakan bahwa keberadaan AdGrants ini sejalan dengan visi google yakni menghimpun informasi secara keseluruhan. Dengan adanya AdGrants ini, Google mampu membantu organisasi nonprofit untuk mencapai tujuannya. “Saat ini, semua sudah online. Kami bermaksud untuk membuat semua informasi menjadi sustain. Apalagi jika berkaitan dengan kehidupan dan dunia yang lebih baik lagi,” ujar Erin.
Menurut Emanuel Cahyono, Lead Software Engineer Indorelawan.org, sekarang ada 70 organisasi non-profit dalam lingkupnya sudah mulai memanfaatkan AdGrants. Sebagai salah satu Organisasi yang memanfaatkan AdGrant, Emanuel sudah merasakan manfaatnya. Dalam hitungan bulan, traffic naik di atas 50%. Hal ini tentunya bisa meningkatkan awareness dan berdampak pada tercapainya tujuan dari organisasinya. “Google AdWords membantu Indorelawan.org menjangkau orang-orang yang siap mengubah niat baik menjadi aksi baik hari ini,” ujar Cahyo.
Hal yang sama diungkapkan oleh Fahri Amirullah, Digital Marketing Manager kitabisa.com dan M Farhan, Sekretaris Jendral YCAB Foundation.. Ia berpendapat bahwa Google AdWords membantu pihaknya mengajak lebih banyak netizen menciptakan perubahan dengan berdonasi pada berbagai aksi sosial dan kebaikan.
“Google ads grant membantu kami untuk meningkatkan eksistensi kami di dunia digital serta sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap organisasi kami. Lebih dari itu kami ingin mengajak masyarakat lebih fokus pada permasalahan sosial yang terjadi di sekitar kita. Kami senang Google telah membantu kami menyebarkan kebaikan,” ucap Farhan. (EVA)
sumber : majalah swa
Secara global, Google sudah memulai program ini sejak tahun 2003. Kini, program Google AdGrants sudah ada di lebih dari 50 negara dan wilayah serta diterjemahkan dalam 48 bahasa. Dan lebih dari 20 ribu organisasi non profit di seluruh dunia.
Untuk memenuhi syarat ikut program ini, organisasi harus memiliki status badan amal yang saat ini berlaku di Indonesia. Juga, harus mengakui dan setuju untuk sertifikasi aplikasi yang diperlukan mengenai non-diskriminasi dan penerimaan sumbangan dan penggunaan, memiliki situs web yang berfungsi dengan konten substansial.
Erin Hattersley, Program Manajer Google untuk organisasi nonprofit menyatakan bahwa keberadaan AdGrants ini sejalan dengan visi google yakni menghimpun informasi secara keseluruhan. Dengan adanya AdGrants ini, Google mampu membantu organisasi nonprofit untuk mencapai tujuannya. “Saat ini, semua sudah online. Kami bermaksud untuk membuat semua informasi menjadi sustain. Apalagi jika berkaitan dengan kehidupan dan dunia yang lebih baik lagi,” ujar Erin.
Menurut Emanuel Cahyono, Lead Software Engineer Indorelawan.org, sekarang ada 70 organisasi non-profit dalam lingkupnya sudah mulai memanfaatkan AdGrants. Sebagai salah satu Organisasi yang memanfaatkan AdGrant, Emanuel sudah merasakan manfaatnya. Dalam hitungan bulan, traffic naik di atas 50%. Hal ini tentunya bisa meningkatkan awareness dan berdampak pada tercapainya tujuan dari organisasinya. “Google AdWords membantu Indorelawan.org menjangkau orang-orang yang siap mengubah niat baik menjadi aksi baik hari ini,” ujar Cahyo.
Hal yang sama diungkapkan oleh Fahri Amirullah, Digital Marketing Manager kitabisa.com dan M Farhan, Sekretaris Jendral YCAB Foundation.. Ia berpendapat bahwa Google AdWords membantu pihaknya mengajak lebih banyak netizen menciptakan perubahan dengan berdonasi pada berbagai aksi sosial dan kebaikan.
“Google ads grant membantu kami untuk meningkatkan eksistensi kami di dunia digital serta sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap organisasi kami. Lebih dari itu kami ingin mengajak masyarakat lebih fokus pada permasalahan sosial yang terjadi di sekitar kita. Kami senang Google telah membantu kami menyebarkan kebaikan,” ucap Farhan. (EVA)
sumber : majalah swa
No comments:
Post a Comment