• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

     

    MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

    rute jakarta pangandaran via cianjur selatan


    Selama ini, rute jalan Jakarta ke pantai Pangandaran yang diketahui masyarakat umum adalah melalui jalur Bandung-Tasik-Ciamis-Banjar-Pangandaran. Tapi kalau anda ingin  mencoba sesuatu yang berbeda dengan menjajal jalur Jakarta-Pangandaran melewati Cianjur Selatan, akan lebih menantang, dan yang penting bebas macet. Selain akan disuguhi pemandangan indah alam pegunungan yang masih asri serta perkampungan penduduk, anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan pantai laut selatan sepanjang jalan, terutama mulai dari Sindangbarang sampai Pameungpeuk Garut.  Kondisi jalan yang akan dilalui cukup bagus dan laik untuk  dilalui terutama oleh kendaraan-kendaraan kecil. Sementara untuk kendaraan bis tidak disarankan. Siapkan kondisi kendaraan dan fisik anda sebelum berangkat. Perlu diketahui, waktu tempuh mulai dari kota Cianjur untuk sampai ke Pangandaraan sekitar 10 jam. Namun jangan khawatir, anda bisa melepas lelah di setiap perjalanan yang akan dilalui karena banyaknya warung-warung makan bila anda ingin beristirahat. Di sarankan , untuk melalui trek ini, lakukan perjalanan siang hari. Artinya, bila anda dari Jakarta, bisa berangkat pagi-pagi. 
          
    Rute Jakarta-Pantai Pangandaran Via Cianjur Selatan.

    Anda bisa melalui toll Jagorawi - Puncak selanjutnya menuju kota Cianjur. Untuk memasuki jalur ke Cianjur Selatan dari Cianjur kota bisa dilihat di peta ini :

    inilah gambar tugu dekat Hypermart. Dari sini anda belok kanan



    Begitu turun dari arah Cipanas (gbr no. 1), anda akan melihat tugu seperti gambar paling atas, selanjutnya kendaraan belok kanan ( gbr no 2). Tapi kalau di tutup oleh polisi, kendaraan anda belok kiri dulu, nanti ada tempat belok, anda putar arah di sana (gbr no 3), setelah itu lurus terus ikuti gambar no 2.  Kini anda berada di jalan Abdulah bin Nuh. Di jalur ini terdapat petokoan Hypermart, kantor DPRD Cianjur, POLRES Cianjur, hotel TW, dan rumah makan-rumah makan.  Kurang lebih 15 menit perjalanan, anda akan menemukan pertigaan Rancagoong, disini anda belok kiri . Yang arah lurus adalah jalur yang menuju Sukabumi. Untuk menuju Cianjur Selatan, ikuti petunjuk sesuai peta di bawah ini :

     
    Trek pertama yang akan dilalui mulai dari kota Cianjur adalah :  Cibeber – Campaka – Sukanagara – Pagelaran – Tanggeung – Sindangbarang.
    Waktu tempuh dari Cianjur sampai Sukanagara  adalah : 1 jam.
    Sukanagara – Pagelaran : 1 jam 
    Pagelaran – Tanggeung : 45 menit
    Tanggeung – Sindangbarang : 2 jam.
    Jadi waktu keseluruhan kota Cianjur-Sindangbarang +- 5 jam (dengan kecepatan aman / tidak ngebut). Medan jalan mulai dari Cibeber sampai Sindangbarang  berkelok-kelok dan menanjak, tapi tidak se-ekstrim tanjakan seperti Nagreg atau tanjakan Gentong di Tasik. Pengendara diharuskan berhati-hati betul di jalur ini. Keberadaan SPBU hanya ada di wilayah-wilyah yang disebutkan di atas. Jadi perhatikan isi tangki kendaraan anda. Tapi bila terpaksa harus isi bensin, sepanjang jalur banyak pedagang bensin eceran dengan kisaran harga Rp. 8000 / liter. 

    Selamat Datang di Kecamatan Sukanagara

    salah satu tempat istirahat antara Sukanagara dan Pagelaran


    rute khas Sukanagara - Pagelaran adalah tebing sebalah kanan dan lembah sebelah kiri

    SPBU Pagelaran. Disini terdapat Mesjid Besar dan tempat istirahat
    salah satu medan jalan yang menuju Sukanagara


    Ketika memasuki jalur Sukanagara-Sindangbarang, disini anda akan melihat pemandangan berupa perkebunan teh dan pohon-pohon jati. Bila ingin beristirahat, ditempat inilah yang sangat cocok.
    Untuk medan jalan Pagelaran-Sindangbarang, jalan tidak banyak menanjak tapi tetap berkelok-kelok. Jalan yang sempit menjadi tantangan tersendiri, jadi pengendara harus berkonsentrasi penuh dan sabar. 

    pengemudi mesti hati-hati saat berpapasan dengan kendaraan lain
     Trek kedua yang akan dilalui mulai dari kota Sindangbarang adalah :  Sindangbarang-Ciujung – Cidaun - Pantai Jayanti- Pantai Wisata Ranca Buaya – Cikelet - Pameunpeuk Garut.

    Mesjid Besar Sindang Barang

    Mulai dari Sindangbarang, cuaca panas apalagi disiang hari. Sepanjang jalan anda akan melihat pantai laut selatan yang berombak besar. Kondisi  jalanpun bagus dan lurus, serta datar. Jarak tempuh dari Sindangbarang sampai Ciujung bisa ditempuh dalam waktu 45 menit sampai 1 jam. Dari Sindangbarang anda tidak akan menemukan SPBU, untuk itu kondisi tank bahan bakar mesti cukup. 

       
    pemandangan pesisir antara Sindangbarang menuju Cidaun
    Setelah lewat Ciujung, batasnya adalah sebuah jembatan Ciujung, anda akan menuju Cidaun. Sepanjang jalan menuju Cidaun, anda bisa melihat tempat-tempat wisata Pantai. Cidaun adalah sebuah kota kecamatan kecil sebagai penyangga perbatasan antara Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Garut . Di wilayah  ini terdapat Polsek Cidaun (nomor teleponya : +62 263 366110)
     dan Koramil Cidaun. Dari sini pula, ada jalan tembus yang menuju Ciwidey melewati Balegede dengan pintu keluar di Situ Patenggang Ciwidey. Setelah itu anda akan memasuki wilayah pantai Jayanti. Pantai ini terkenal sebagai tempat favorit tujuan wisata Cianjur Selatan. Disini juga ada tempat pelelangan ikan. Untuk menuju Pameungpeuk Garut, disana ada petunjuk jalan agar pengguna tidak salah jalan. 



    Mulai dari Jayanti menuju Pameungpeuk Garut, kendaraan anda akan melewati puluhan jembatan yang jarang ditemui kalau kita ke Pangandaran melalui jalur utara. Jembatanya kebanyakan panjang-panjang dan bagus buat sekedar selfie atau  berfoto bersama. Trek jalan berbelok-belok namun lebar dan kondisi bagus.   Lalu lalang Kendaraan selain hari-hari libur panjang atau libur hari raya seperti lebaran, sangat jarang. Malum di jalur ini belum ada trayek kendaraan umum, kalaupun ada sangat jarang.
    Setelah melalui Jayanti, anda akan melewati  obyek wisata Ranca Buaya. Ranca Buaya adalah wisata pantai yang berada di sebelah Kabupaten Garut, Jawa Barat. Ranca Buaya ini terletak di kecamatan Caringin. Jarak untuk mencapai laut ini dari pusat kota Kabupaten Garut sekitar kurang lebih 90 km atau dengan perjalanan darat membutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan.Sementara jarak dari Cianjur kota sekitar 6 jam perjalanan. 

    anda akan menemukan puluhan jembatan sebelum sampai ke Pangandaran
    Santolo belok kanan, Pameungpeuk lurus terus

    Sebelum mencapai Pameungpeuk, anda juga akan melewati tempat wisata seperti Santolo atau dengen sebutan Cilaut Euruen. Kenapa di sebut Cilaut Eurueun ?. Eureun dalam bahasa Sunda sama dengan diam dalam bahasa Indonesia. Jadi kalau anda melihat pantai ini, pesisir lautnya memang  diam tidak berombak. Disini juga terdapat LAPAN tempat observasi sekaligus peluncuran roket.
    Beberapa menit lagi anda sudah memasuki kota Pameungpeuk. Di trek ke dua ini, anda bisa beristirahat bahkan menginap. Disini terdapat hotel dan warung-warung makan serta SPBU.
    INILAH SPBU KEDUA SETELAH SPBU PAMEUNGPEUK, YANG BERLOKASI DI CIKALONG. TASIKMALAYA. JARAKNYA LEBIH KURANG 2-3  JAM PERJALANAN DARI PAMEUNGPEUK, JADI PERHATIKAN ISI BENSIN ANDA

    Trek ke tiga rute yang harus dilewati adalah  Pameungpeuk-Cisanggiri - Mira Mareu – Cikaengan (batas Kab Garut dan Tasik) –Ciapatujah – Cimerak -    Pantai Pamayang – Cijulang- Grand Canyon  – Pangandaran.
    SELEPAS JEMBATAN CIPALEBUH INILAH, ANDA BELOK KANAN UNTUK MENUJU PANTAI PANGANDARAN

    PENUNJUK ARAH SELPAS PAMEUNGPEUK MENUJU MIRAMAREU - PANGANDARAN

    Setelah anda beristirahat, kini saatnya melanjutkan untuk sampai di Pangandaran. Jangan lupa periksa lagi kondisi kendaraan terutama ban. Waktu tempuh dari Pameungpeuk menuju Pangandaran bisa ditempuh 5 sampai 6 jam. Ketika artikel ini di tulis, kondisi jalan, ada yang masih berkerikil dan  ada juga yang sudah bagus bahkan sebagaian dalam pengerjaan beton. Namun umumnya sangat layak untuk di lalui.  Untuk menuju arah Pangandaran dari kota Pameungpeuk ini, anda belok kanan yang menuju Mira Mareu, tidak susah untuk menemukanya karena tersedia papan petunjuk jalan. 

    jalan mulus ini menantang anda


    medan jalan  menuju Cipatujah
     
    salah satu perkebunan karet yang bisa anda temukan

    ANDA AKAN MENEMUKAN BEBERAPA PERTIGAAN JALAN, JADI MESTI HATI-HATI
    Sepanjang perjalanan berbagai pemandangan akan anda lewati. Seperti perkebunan karet, teh , pesawahan, indahnya pantai selatan  dan rumah-rumah penduduk dimana perkampungan yang satu dan lainya berjauhan. Kalau anda membawa handpone, kadangkala ada satu atau dua area yang tidak terjangkau sinyal. Untuk urusan makan jangan khawatir, banyak  tempat peristirahatan  yang siap memanjakan lidah anda.  Keunikan lainya adalah, banyaknya jembatan-jembatan panjang yang harus dilalui.  Tidak seperti tahun 90-an, dimana kondisi jembatan sangat berbahaya , kini jembatan-jembatan penghubung sangat bagus, kokoh dan kuat (kaya iklan aja   he,,he,,he,,,). 
    PANTAI PAMAYANG SALAH SATU TEMPAT WISATA YANG ANDA AKAN LEWATI

    Saya pernah bertanya kepada penduduk saat beristirahat di suatu tempat. Konon pada tahun 80-an waktu jaman petrus (penembak misterius) dan ketika ramai-ramai nya berita tentang pembantaian dukun santet, ada suatu wilayah yang dijadikan tempat pembuangan mayat-mayat. Maka jangan heran, ada saja penduduk yang yakin bahwa kalau melewati jembatan di daerah……………, bila ada kendaraan yang melalui jembatan tersebut, klakson harus di bunyikan. Namun seiring waktu berjalan dan merambahnya pendidikan ke pelosok-pelosok, kepercayaan tersebut sudah hilang.
    Setelah melakukan perjalanan hampir 5 jam, kini anda akan memasuki wilayah Cijulang dimana terdapat wisata alam terkenal sampai ke manca Negara yaitu Cukang Taneuh atau Grand Canyon. Dari sinilah anda sebentar lagi masuk Pantai Pangandaran. Sepanjang jalan ini lalu lintas mulai ramai, baik oleh angkutan umum yang melayani Pangandaan - Cijulang maupun kendaraan para wisatawan.

    Grand Canyon Pangandaran

    nter>
    Saatnya Anda Menjadi Peserta Asuransi Dari BRI (Bringinlife)
    Hubungi : Ibu Paini
    M3        : 0857 0000 9480
    XL         : 0818 0201 6041
    Simpati  : 0822 1449 9594
    Pin BB   : 26E5 29D5
    Kantor Pusat Jawa Barat

    KANTOR PENJUALAN - BANDUNG-01
    MENARA BRI LT.7 (RUANG 702) JL.ASIA AFRIKA NO.57-59 BANDUNG
    (022) 4207022
    (022) 4207022

    4 comments:

    1. Terima kasih infonya bermanfaat sekali,saya mau melakukan perjalanan dari Subang Cianjur Pameungpeuk Garut!

      ReplyDelete
    2. Terimakasih infonya semoga suatu hari nanti saya bisa kesana

      ReplyDelete
    3. Infonya begitu lengkap, tentu akan sangat membantu...terimakasih..

      ReplyDelete
    4. Saya kepengen Sekai ewat rute ini. Semoga saya sehat dan bisa melaksanakannya secepatnya...

      ReplyDelete