• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

     

    MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

    gaji seorang penerjemah

    Menjadi seorang penerjemah tidak harus lulusan sekolah formal semisal seorang sarjana sastra bahasa asing. Kita bisa lihat di Bali, mereka para para penterjemah para turis asing umumnya lulusan- lulusan SMA. Dari penerjemah resmi sampai penerjemah jalanan. Resmi disini mereka direkrut oleh Dinas Pariwisata atau oleh salah satu Biro Perjalanan Wisata.
    Menjadi seorang penerjemahpun banyak berlatar belakang pendidikan  berbeda, dari mulai seorang dokter, insinyur , PNS bahkan militer. Tapi untuk penerjemah resmi seperti kenegaraan, penerjemah di sidang pengadilan, penerjemah buku, tentu saja harus melalui seleksi ketat, karena mereka terikat sumpah dan janji.
    Lalu berapa gaji seorang penerjemah ?
    Sebagai hitungan waktu, umumnya penerjemah akan mendapat honor sekitar 3,5 juta sampai 4 juta per 8 jam kerja. Tapi sering  "hukum" ini  tidak berlaku. Kadang mereka dibayar setelah seharian mendampingi "client". Rata-rata translator mengaku bahwa pekerjaan ini adalah sebuh hobi yang menyenangkan. Bagaiman tidak, mereka bisa jalan-jalan , makan direstoran, tidur di hotel secara gratis.
     
    Menjadi seorang penerjemah harus mempunyai kepribadian yang baik tentunya, karena client yang dihadapi berlatar belakang berbeda dengan budaya kita. Sabar, teliti, fokus dan senang duduk berjam-jam adalah kunci seorang translator.        

    No comments:

    Post a Comment