• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

     

    MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

    rute jalan menuju situs gunung padang cianjur

    TEMPAT PARKIR DAN PNTU MASUK KE GUNUNG PADANG

    Rute jalan untuk menuju situs gunung Padang tidaklah sulit. Dari lokasi jalan  masuk ke arah gunung Padang dari Warungkondang Cianjur hanya 22 km. Kalau  dengan kendaraan baik roda dua maupun mobil bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan. Bila anda dari Jakarta bisa melalui jalur puncak atau Sukabumi. Kalau dari Bandung bisa langsung menuju Cianjur melalui jalan baru sehingga perjalanan jadi lebih singkat.

    Untuk menuju ke lokasi situs megalitikum yang diresmikan sejak 2011 itu, terdapat tiga pilihan moda transportasi. Diantaranya dengan menggunakan kendaraan umum, kendaraan pribadi, dan kereta api.


    Rute Jalan Dari Arah Bandung
    Setelah melewati daerah Karang Tengah, anda bisa masuk melalui jalan baru. Jalan ini baru dibuka 2 tahun yang lalu. Jalan lintas ini menghubungkan terminal Pasirhayam sehingga kendaraaan yang ingin melewati  kota Cianjur , tidak masuk ke arah kota.

     Disini kendaraan anda lurus sampai akhirnya bertemu dengan lampu merah. (Gbr 2). Yang lurus kearah terminal Pasirhayam, kekanan kearah Cianjur kota. Anda disini belok kiri (belok kiri langsung).

    Kurang lebih 500 meter, anda akan menemukan bunderan Pasirhayam. Disini anda harus belok kanan dan selanjutnya lurus terus. (Gbr 3)

    Untuk sampai kelokasi jalan masuk ke situs Gunung Padang, dari Pasirhayam ini berjarak sekitar 6-7 km. Sebelum sampai ke Warungkondang, anda akan menemukan 2 pertigaan, namun anda ambil jalan yang mengarah kekiri dan lurus.

    Kurang lebih 20 menit,  anda akan memasuki wilayah Warungkondang. Anda lurus terus. (Gbr 4)
    Kurang lebih 400 meteran, anda akan melihat jalan masuk kesitus gunung Padang yang ditandai dengan keterangan berupa plang. Agar tak terlewat, usahakan kendaraan anda pelan, karena petunjuk arah tersebut sangat kecil dan sederhana. Dari sini anda belok kiri. Jarak menuju situs Gunung Padang berkisar 22 km.


    Menuju Situs Gunung Padang dari Arah Jakarta

    Kalau dari arah Jakarta via Puncak. Anda bisa lihat peta dibawah ini:

    Setelah sampai diperempatan Hypermart, kendaraan anda belok kanan. Selanjutnya lurus. Lewat ini juga anda akan melewati  gedung DPRD kabupaten Cianjur, Hotel GW, rumah makan dan restorant serta jajanan es kelapa muda yang banyak berjejer dipinggir jalan. Selanjutnya anda akan menemukan pertigaan Rancagoong, anda lurus saja. Selanjutnya anda menuju Warungkondang.  


    Menggunakan Transfortasi Kendartaan Umum

    Jika anda dari Bandung, anda bisa menaiki kendaraan bis jurusan Bandung Sukabumi dengan keberangkatan dari terminal Leuwipanjang Bandung.. Ada tiga bis pilihan. Yang bis ac adalah MGI dan Parahiyangan.
    Untuk yang biasa ada Hiba serta Parahiyangan non ac.  Kemudian turun diterminal Warungkondang.
    Ongkos untuk bis AC sekitar Rp. 20 ribuan. Untuk non AC sekitar Rp. 17 ribuan.
    Kalau anda dari Jakarta, anda bisa menggunakan bus dari Terminal Kampung Rambutan menuju Cianjur dan turun di pertigaan Rancagoong. Kemudian disambung menggunakan angkutan kota 43 ke arah Warung Kondang dengan tarif Rp2.500 per orang.

    Dari Warung Kondang, masih harus menyambung angkot menuju Cipanggulan dengan tarif Rp5.000. Namun, masih belum juga sampai karena harus dilanjutkan menggunakan jasa ojek langsung menuju Gunung Padang dengan tarif Rp50.000.

    Bila berangkat dari Terminal Baranang Siang Bogor, ada angkutan minibus jenis L 300 warna putih khusus ke Cianjur. Tarifnya  Rp25.000/ orang.

    Anda juga bisa menyewa angkot dari Warungkondang - situs Gunung Padang bolak-balik. Tarif yang biasa biasanya  Rp200.000 per mobil. Perlu keahlian menawar bila tarif jauh dari batas itu.

    Transfortasi Dengan Kereta Api

    Menuju situs Gunung Padang juga bisa melalui KA.  PT Kereta Api Indonesia telah meresmikan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur pada 8 Februari 2014.
    Jika Anda berangkat dari Jakarta, bisa menggunakan KRL jurusan Bogor dengan tarif sekitar Rp4.000 per orang. Turun di Stasiun Bogor, dilanjutkan menggunakan KA Pangrango menuju Sukabumi, lalu disambung dengan KA Siliwangi menuju Cianjur.

    Tarif tiket KA Pangrango Rp20.000 untuk kelas ekonomi dan Rp50.000 untuk kelas eksektif. Setelah ditempuh sekitar 2 jam, Anda harus transit menggunakan KA Siliwangi dengan tarif Rp20.000 kelas ekonomi dan Rp35.000 kelas eksekutif.

    Stasiun terdekat dengan situs Gunung Padang adalah Stasiun Lampegan, hanya 1 stasiun sebelum Stasiun Cianjur. Dari Stasiun Lampegan, Anda harus menggunakan jasa ojek karena masih berjarak sekitar 7 Km untuk menuju ke situs tersebut.
    ata.

    Semoga Bermanfaat




    No comments:

    Post a Comment