• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

rute jalan ke pantai sawarna dari bandung

Pantai Sawarna merupakan tempat wisata pantai dengan bebatuan karangnya yang terdapat di Lebak Banten. Beberapa obyek wisata yang paling banyak dikunjungi dan sudah terkenal diantaranya : Pantai Karang Taraje Sawarna, Pantai Tanjung Layar Sawarna, Pantai Karang Seupang Sawarna, Pantai Ciantir Sawarna, Pantai Teluk Legon Pari Sawarna dan Pantai Karang Bokor Sawarna.

Juga terdapat Goa yang sangat menabjubkan sangat cocok bagi para petualang wisata alam. Diantaranya : Goa Lalay Sawarna, Goa Sikadir Sawarna dan Goa Singalong Sawarna.
    Bagi kamu yang berasal dari arah timur seperti Bandung, Cirebon, Tasik, Garut dan daerah Jawa, untuk mencapai tempat wisata panta Sawarna ini rute yang harus dilalui adalah Cianjur kota , Sukabumi - Pelabuhan Ratu.

Berikut rutenya :
    Dengan mengendarai  kendaraan pribadi (mobil atau motor), setelah lepas Karang Tengah Cianjur, perhatikan nanti anda akan menemukan perempatan lampu merah tugu Pramuka. Di sini anda belok kiri untuk memasuki jalan . Dengan melewati jalan ini,kendaraan kita tidak akan masuk ke kota Cianjur, tapi memotong sehingga jarak semakin pendek dan terhindar dari macet.

PEREMPATAN TUGU PRAMUKA, DARI SINI ANDA BELOK KIRI
     Selanjutnya jalan terus. Setelah melewati lampu stopan pertma (Bojong), anda akan menemukan perempatan kedua. Di area ini, anda belok kiri. Bila anda lurus, akan menuju terminal Pasir Hayam dan bangunan pasar baru Pasir Hayam.

PEREMPATAN PASIR HAYAM. DARI SINI ANDA BELOK KIRI.
    Selanjutnya lebih kurang 500 meter lagi. Akan bertemu dengan pertigaan Pos Polisi Sirna Galih. Bila belok kiri, itu arah yang menuju Cianjur Selatan. Jadi anda belok kanan.

PERTIGAAN PASIR HAYAM. YANG KE KIRI ADALAH ARAH YANG MENUJU CIANJUR SELATAN
    Kemudian kendaraan lurus terus. Bila menemukan pertigaan, kendaraan anda bawa lurus. Kurang lebih 3 km, kita akan sampai di daerah Warungkondang. Selepas dari sini, kurang lebih 700 m, kita akan menemukan akses jalan yang menuju situs megalitikum Gunung Padang.
    YANG DITANDAI PANAH MERAH ADALAH AKSES JALAN MENUJU SITUS GUNUNG PADANG
    Seterusnya siap-siap kita akan melewati tanjakan Bangbayang. Hati-hati, daerah ini sangat rawan kecelakaan. Jangan ngebut dan perhatikan kendaraan yang dari arah berlawanan. Lebih kurang 7 km, kita akan memasuki wilayah kabupaten Sukabumi. Memasuki wilayah Sukabumi, kita akan melewati pertigaan Sukaraja. Di sini kendaraan anda bawa arah kanan.
    Karena  akan menuju Pantai Sawarna, tentu saja hal pertama yang kita perhatikan ,adalah  akses jalan yang menuju Pelabuhan Ratu dulu. Sebenarnya ada beberapa jalan yang bertanda menuju Pelabuhan Ratu. Namun yang paling gampang adalah setelah melewati pertigaan Siliwangi.

PERTIGAAN SILIWANGI

SELEPAS PERTIGAAN SILIWANGI, ANDA BELOK KIRI
    Selepas melewati pertigaan, akan menemukan stopan lampu merah, seterusnya untuk menuju Pelabuhan Ratu, kendaran anda bawa belok kiri dan lurus terus.

Pelabuhan Ratu bisa dicapai sekitar 1,5  jam perjalanan santai. Kini kondisi jalan sangat bagus. Untuk mencapai pantai Sawarna, kita harus menuju wisata pantai Karang Hawu seterusnya Cisolok. Dari Cisolok inilah rute jalan menuju Pantai Sawarna di mulai.

Lama perjalanan dari Cisolok ke pantai Sawarna, bisa ditempuh dalam 1,5 jam. Medan jalan menanjak dan menurun melewati perkebunan, hutan dan perkampungan.  Beberapa kondisi jalan kurang mulus, seperti masih berkerikil dengan aspal lama yang terkelupas. Tapi secara umum layak untuk dilewati. Dalam perjalanan  mulai dari Cisolok, anda akan menemukan 3 jembatan. Diantaranya jembatan Cibareno dan Cirompang.

JEMBATAN CIBARENO

JEMBATAN CIROMPANG

Cek kondisi kendaraan anda sebelum berangkat. Seperti kondisi mesin ,  rem serta lampu.
    Bagi yang membawa kendaraan roda empat, berwisata ke pantai Sawarna memang sedikit kurang nyaman. Karena akses jalan menuju bibir pantai tidak ada. Jadi parkir mobil berjauhan dengan lokasi pantai. Tidak seperti Pantai Pangandaran atau Pelabuhan Ratu. Kecuali yang memakai sepeda motor.
    Bila anda ingin menginap, tersedia penginapan dengan harga mulai 150 sampai 300 ribu semalam. Juga tersedia pondok penginapan buat rombongan.