• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

rute jalan bandung pangalengan cisewu rancabuaya

Bagi anda yang gemar touring, rute Pangalengan Cisewu Rancabuaya boleh di coba. Rancabuaya merupakan destinasi wisata Pantai yang berada di Garut selatan. Dari Rancabuaya ini, anda bisa meneruskan perjalanan ke Pameungpeuk Garut bahkan pantai Pangandaran. Sebaliknya, anda juga bisa mencoba rute ke arah Cianjur melalui Cidaun, Sindangbarang, Tanggeung Pagelaran.

Berikut rute jalan ke Rancabuaya melalui Pangalengan Cisewu.
    Bila anda dari Bandung kota, atau Soreang, harus melalui kota kecamatan Banjaran dadulu. Arah belok ke Pangalengan lokasinya berada di daerah Kamasan. Cukup mudah mencari jalur ini, karena tersedia papan penunjuk arah, tapi kalu belum tahu bisa mengikuti mobil Elf atau bis umum jurusan Pangalengan.
    Dari Kamasan Banjaran ini untuk sampai ke Pangalengan bisa ditempuh satu jam perjalanan. Pangalengan merupakan dataran tinggi dan penghasil sayur mayur sejak dahulu serta pengolahan susu sapi yang terkenal dengan KPBS nya. Medan jalan menuju Pangalengan menanjak dengan panorama pegunungan yang asri dan sejuk. Jalanya berkelok-kelok.

Untuk memulai arah jalan yang ke Cisewu Rancabuaya, rute jalanya adalah sebelum mencapai Panglengan kota. Disana anda akan lihat bunderan kemudian belok kanan.

PENUNJUK ARAH KE RANCABUAYA SEBELUM BUNDERAN

DI BUNDERAN INILAH ANDA BELOK KANAN.

Setelah belok, daerah yang pertama di tuju adalah  situ Cileunca. Situ Cileunca merupakan danau buatan sebagai pembangkit listrik dan suplai air bersih untuk area Bandung dan sekitarnya. Situ ini merupakan tujuan wisata yang terkenal di Bandung Selatan selain situ Patengan Ciwidey.

INILAH BENDUNGAN SITU CILEUNCA YANG HARUS ANDA LALUI

Selepas kendaraan anda melewati bendungan, perjalanan dilanjutkan. Kurang lebih 15 menit perjalnan, anda akan melihat danau Cileunca yang berada di samping kiri kendaraan anda. Hawanya sejuk serta banyak pohon pinus sekelilingnya.  Selepas Cileunca, daerah pertama yang anda akan lewati adalah Wates. Seperti terlihat di gambar dibawah ini,  ada dua jalur jalan/persimpangan, arah yang ke Rancabuaya adalah arah jalan ke kanan.
    PERSIMPANGAN WATES
    Selepas Wates inilah perjalanan mulai menantang anda. Anda akan melewati pegunungan dan perkebunan teh yang sangat luas. Sisi kanan dan kiri terhampar perkebunan teh yang hijau. Jadi sangat cocok bagi anda yang mau refreshing.Perkebunan yang anda akan lewati adalah perkebunan teh Cukul.
    Nah,,,,, bila anda belum pernah melihat bagaimana bentuk pabrik pengolahan teh, di Cukul  inilah anda bisa menyaksikan  sendiri bagaimana struktur bangunan pabrik pengolahan teh.
    Jadi teringat kalau menyaksikan film-film perjuangan  melawan penjajah  Belanda dahulu !!!

PABRIK PENGOLAHAN TEH CUKUL
    Medan jalan selepas Cukul, menanjak dan berbelok. Jalanan mulai sempit sehingga di sarankan bagi anda yang membawa kendaraan jangan ngebut dan main salip. Lebih kurang 45 menit perjalanan, anda akan menemukan tugu perbatasan antara Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut. Ketika penulis melihat tugu ini, sepertinya bentuk dan dekorasi tugunya  tidak semewah nama Bandung. Bentuknya sederhana dan terlalu kecil. Jadi masih  megah tugu pembatas desa saya di banding ini.
    TUGU PERBATASAN ANTARA KAB. BANDUNG DAN KAB. GARUT
    Talegong adalah tujuan selanjutnya. Tal;egong  termasuk pada wilayah kabupaten Garut. Disini juga terdapat kantor polisi Polsek Talegong. Pas kantor polsek Talegong terdapat simpangan. Pada tahun 90 an, simpangan ini belum ada. Selepas Talegong medan jalan menanjak dan menurun. Sisi kiri kanan banyak lembah yang dalam, sehingga anda harus hati-hati. Waspada juga jiga anda kesana pas musim hujan. Karena daerah ini rawan longsor.
    Selanjutnya adalah kecamatan Cisewu. Cisewu terkenal sebagai penghasil gula aren dan lahang. Hasilnya sebagian ada yang di jual ke pasar-pasar Pangalengan, pasar Banjaran dan Bandung. Medan jalan menuju Cisewu mengular. Jadi sebenarnya ketika anda melewati jalur ini, anda sedang berada di sisi badan gunung. Kiri kanan berupa hutan. Jalannya sempit dan licin bila musim hujan. Jadi harus hati-hati.

Tempat favorit yang sering dipakai peristirahatan para pemotor adalah dekat Polsek Cisewu. Disini terdapat warung-warung makan  dan minum. Disini juga anda bisa melepas lelah sebelum melanjutkan perjalanan.
    TEMPAT ISTIRAHAT PEMOTOR DEKAT POLSEK CISEWU
     Selain Polsek, terdapat juga Koramil Cisewu yang letaknya tidak berjauhan dengan Polsek Cisewu.
    KANTOR KORAMIL CISEWU
    Medan jalan selepas Cisewu lebih menantang lagi. Anda akan melewati pegunungan, hutan, perkampungan dan sawah. Jalanyan berliku-liku. Akses TV sepanjang jalur  ini sangat kurang bahkan sebagian sulit tertangkap antena. Makanya jangan heran, banyak rumah-rumah penduduk menggunakan parabola.

RUMAH PENDUDUK DENGAN ANTENA TV-NYA
    Ingat, selepas Pangalengan sampai Rancabuya, anda tidak akan menemukan SPBU. Bila bensin habis, banyak pengecer bensin di setiap perkampungan yang di lewati.

Lebih kurang 1 jam perjalanan anda akan menemukan pertigaan lagi. Yang ke kiri arah ke Garut, dan ke Rancabuaya ke kanan. Jadi janagn sampai terbalik.
    KE RANCABUAYA ADALAH YANG  KE KANAN
    Selepas pertigaan inilah, medan jalan mulai menurun. Ini tandanya anda hampir sampai ke pantai Rancabuya.
    Kondisi jalan sangat mulus ber aspal hotmix. Saat menurun, pemandangnya sangat indah. Anda bisa lihat lautan samudra Indonesia dari puncak gunung.
    SAMUDRA INDONESIA TAMPAK TERLIHAT SAAT KENDARAAN ANDA MENURUN
    Dan inilah perempatan terakhir yang anda tuju. Pantai Rancabuaya adalah lurus. Arah ke kiri adalah arah yang ke Pameungpeuk Garut, dan ke kanan adalah arah yang ke Cianjur.
    PEREMPATAN RANCABUAYA
    Bila anda ingin melanjutkan petualangan, dari sini anda bisa ke pantai Pameungpeuk Garut dan Pangandaran atau ke Cianjur.

Selamat Touring Semoga Selamat !!!

Baca juga Rute Jalan Bandung Ciwidey lewat Pagelaran

Rute jalan Jakarta Pangandaran Lewat Cianjur Selatan

RUTE KE TEMPAT PENTING LAINYA ADA DISINI

1 comment:

1. Terimakasih banyak atas segala iformasinya yang sangat berharga.