• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

     

    MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

    harga sewa booth/pelataran yang ada di dalam mall



    SALAH SATU PAMERAN OTOMOTIF DI MALL




    Bila anda jalan-jalan ke sebuah mall / department store/ pusat perbelanjaan  dan sejenisnya , pasti sering melihat para pedagang yang menjajakan daganganya bukan di dalam toko, tapi berada di pelataran pertokoan tersebut secara terbuka.  Salah satu ciri khas para pedagang yang memanfaatkan booth untuk jualan adalah: bila selesai jualan, barang-barangnya akan di tutup kain terpal.

    Dan barang yang di jualpun beragam jenis, dari mulai fashion, kacamata, asesoris wanita, alat kecantikan, mainan anak sampai DVD bajakan. Mereka adalah para pedagang yang secara periodik membayar sewa   pelataran tersebut kepada pengelola gedung.
    Umumnya, ada dua pengelola bila ada  masyarakat yang berminat berdagang dipelataran yang ada didalam sebuah pusat perbelanjaan, mereka adalah :

    Pengelola gedung itu sendiri
    dan yang kedua dikelola oleh sebuah  EO atau Event Organizer.

    Biasanya pelataran yang di kelola sebuah EO adalah bagi penyewa yang secara waktu singkat   menggunakan fasilitas tersebut. Mulai 1-5 jam, seharian penuh sampai 1atau 2 minggu. Seperti : pameran otomotif, pameran alat musik, , promosi bank dengan menjual kartu kredit, promosi dari operator telepon seluler, promosi  alat kebugaran, promosi dari developer perumahan, promosi peralatan memasak/kitchen set, promosi produk rokok terbaru  dll. Dan Event Organizer memfasilitasi semua keperluan bagi penyewa tersebut. Seperti mesin foto copy, banner, meja, kursi,  printer, komputer dan sebagainya.   
    Sementara bagi mereka para pedagang yang lama sewanya tahunan, akan di kelola oleh pengelola gedung.

    Harga Sewa Tempat Di Pusat Perbelanjaan/Mall
    Harga sewa tempat booth di sebuah mall atau pusat perbelanjaan, tentu saja sangat tinggi dibanding dengan harga sewa di tempat lain (bukan di Mall). Setiap pusat perbelanjaan akan menerapkan harga sewa berbeda sesuai dengan tingginya intensitas pengunjung yang datang. 
    Pengelola gedung akan menyewakan booth dengan ukuran per meter. Rata-rata permeter bisa mencapai 3-4 juta/ bulan. Namun lagi-lagi ini hanya gambaran secara umum saja. Karena harga yang diterapkan tiap-tiap mall berbeda. Untuk pusat perbelanjaan yang sudah terkenal dan ramai pengunjung, harga sewa bisa mencapai 300-500 juta/tahun.
    Makin ramai pusat belanja tersebut, tentu saja harga sewa akan lebih tinggi. 
    Selain itu, harga sewa dipelataran terbuka, dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya :
    ·        
    Lokasi pelataran
    Bisa anda cek sendiri, berapa harga sewa pelataran buat berdagang yang ada di lantai 1 dan harga sewa yang terletak di lantai 2. Pasti harganya akan berbeda. Dan coba cek lagi, berapa harga sewa untuk berdagang, dengan lokasi dekat pintu masuk, dibanding dengan lokasi yang menjorok kedalam.
    ·          
          Brand nama pertokoan
    Tahun 90 an, harga sewa di Matahari Departement Store lebih mahal di banding dengan pusat belanja  lainya. Namun dengan semakin maraknya pusat-pusat perbelanjaan yang di bangun di mana-mana, maka sebuah Brand Pusat perbelanjaan tidak berpengaruh pada harga sewa.
    ·         Lokasi Mall Berada
    Ternyata, harga sewa di mall yang terletak di kota besar, lebih mahal di banding mall yang ada di daerah / kabupaten pada lokasi  dan luas yang sama . Sebagai perbandingan, seorang pedagang mainan anak, dengan menyewa pelataran 3x4 meter di sebuah mall yang berada di kabupaten Cianjur, berkisar 10-15 juta/tahun. Sementara yang ada di kota besar seperti Bandung, bisa mencapai 25-30 juta/tahun.


    Persyaratan Bagi Masyarakat Yang kan Berdagang Di Mall/Pusat Perbelanjaan

    Ada syarat yang harus dipenuhi oleh pedagang yang berminat berjualan di Mall. Diantaranya :

    1.      1. Jenis barang yang akan di jual, tidak boleh sama dengan jenis barang yang sudah ada dipertokoan tersebut. Tetapi ini bisa dikecualikan dengan beberapa  pertimbangan sebagai berikut : letak antara pedagang yang satu dengan yang lainya, lokasinya berjauhan.
    Misalnya : yang satu ada dilantai 1. dan pedagang yang satu lagi ada di lantai 2. 
    2.      2. Jenis barang yang akan di jual, harus sesuai dengan “visi dan misi” mall tersebut. Semisal sebuah pertokoan yang sudah lama terkenal menjual pakaian, pedagang yang akan menyewa pelataranya, tidak di izinkan menjual spartpart kendaraan.
    3.      3. Beberapa pusat perbelanjaan, ada yang menerapkan aturan bahwa barang yang akan di jual harus betuk-betul memenuhi standart dan aman saat di gunakan konsumen.
    4.      4. Dan aturan – aturan atau tata tertib umum lainya. Seperti kebersihan, kesopanan,  yang di terapkan pengelola tiap-tiap Mall

    Bila anda berminat, anda sebaiknya langsung menemui pengelola gedung atau bisa menanyakan dahulu kepada para pedagang yang sudah berjualan disana.





     



    2 comments:

    1. Akhirnya ada yang sharing juga.
      Trims infonya ya...
      Oh ya sekedar info aja nih, bagi yang membutuhkan Sewa AC Jakarta untuk keperluan berbagai acara seperti pameran, workshop, meeting atau lainnya bisa coba hubungi kami Arthur Teknik.

      Makasih min,
      Salam blogger ya.

      ReplyDelete
    2. Makasih ya min infonya.
      Numpang sharing boleh ya min.

      Untuk yang lagi cari space/booth sewa mall di jakarta untuk pameran mobil atau yg lainnya bisa hub ane di: 0811 888 5954

      Makasih payupisan.blogspot.com

      ReplyDelete